Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi di Kelas VIIA Semester 2 SMP Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016)

Kulsum, Umi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi di Kelas VIIA Semester 2 SMP Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (26kB)
[img] Text
1. BAB I.pdf

Download (36kB)
[img] Text
2. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
3.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
5 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh penilaian tentang aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah yang disebabkan oleh pembelajaran masih terpusat pada guru. Oleh karena itu, digunakan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui model pembelajaran quantum teaching pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi, dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran quantum teaching pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Bangorejo Banyuwangi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,07%. Persentase terhadap aktivitas siswa yaitu pada siklus I persentase sebesar 65,55% dan persentase siklus ke II sebesar 77,62%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dilihat dari ketuntasan klasikal pada siklus I persentase sebesar 78,94%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus II besarnya persentase mencapai 89,47%. Dilihat dari persentase siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,53%. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan adalah aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran quantum teaching di kelas VII A semester 2 SMP Negeri 1 Bangorejo Bayuwangi pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi Tahun Pelajaran 2015/2016 meningkat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Umi Kulsum (1210251017)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, hasil belajar, quantum teaching
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri UF
Date Deposited: 21 May 2019 03:09
Last Modified: 15 Nov 2019 02:34
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1851

Actions (login required)

View Item View Item