Penerapan Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatic-Auditory-Vizualization-Intelectually (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X A SMK Muhammadiyah 03 Ambulu Jember)

Kumara, Yoga (2016) Penerapan Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatic-Auditory-Vizualization-Intelectually (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X A SMK Muhammadiyah 03 Ambulu Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
(2) Matriks Penelitian new palapa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
(3) Lampiran 5 (Observasi Siswa).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan SAVI adalah proses belajar siswa dengan menggabungkan gerak fisik dan aktivitas intellectually serta penggunaan semua indra. Jadi dapat dikatakan bahwa dalam proses pembelajaran matematika, guru bertindak sebagai fasilitator yang mengarahkan siswa untuk lebih berperan aktif sedangkann siswa menjadi pelaku utama dalam proses pembelajaran yang peranannya dituntut secara aktif dan dinamis. Istilah SAVI terdiri dari 4 komponen yaitu: Somatic-Auditory-Vizualization-Intelectually. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah meningkatan aktivitas siswa pada saat diterapkan pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,Vizulaization, Intelektualy) dalam sub pokok bahasan logika matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 03 Ambulu Jember tahun pelajaran 2015/2016..Bagaimanakah meningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,Vizulaization, Intelektualy) dalam sub pokok bahasan logika matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 03 Ambulu Jember tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan aktivitas siswa pada saat diterapkan pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,Vizulaization, Intelektualy) dalam sub pokok bahasan logika matematika terhadap siswa kelas X SMK Muhammadiyah 03 Ambulu Jember tahun pelajaran 2015/2016.mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,Vizulaization, Intelektualy) dalam sub pokok bahasan logika matematika terhadap siswa kelas X SMK Muhammadiyah 03 Ambulu Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini adalah siswa kelas XA SMK Muhammadiyah 03 Ambulu Jember. Teknik pengumpulan data adalah aktivitas dan hasil belajar, soal pemecahan masalah dan wawancara. Instrumen utama adalah penelitian sendiri. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah ada peningkatan dan hasil belajar dilihat dari aktif siswa dan pengumpulan data. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa ada peningkatan untuk belajar dan hasil belajar siswa yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Somatic-Auditory-Vizualization-Intelectually (SAVI) , Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Logika Matematika
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAsmedy, AsmedyUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDWahid, RohmanUNSPECIFIED
Date Deposited: 21 May 2019 03:36
Last Modified: 15 Nov 2019 02:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item View Item