Kurniawati, Dania Elis (2017) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
Artikel.pdf Download (77kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
||
Text
2. Halaman Depan.pdf Download (122kB) |
||
Text
1. BAB 1.pdf Download (37kB) |
||
Text
2. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
Text
3. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
Text
4. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
Text
5. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
Text
6. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (20kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena siswa kesulitan dalam memahami soal cerita, hal ini dibuktikan dengan ketika siswa diberi permasalahan tentang soal aljabar untuk materi sistem persamaan linier dua variabel dalam bentuk abstrak siswa mengalami kesulitan untuk mengerjakannya. Selain itu, pembelajaran pada umumnya bersifat konvensional, tampak bahwa pembelajaran belum berpusat pada siswa (student centered learning). Masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pada sub pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pada sub pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel?. Terdapat dua tujuan penelitian ini yang dirangkum peneliti adalah adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan di SMP N 1 Tegalsari Banyuwangi Subjek Penelitiannya adalah siswa kelas VIII E dengan jumlah siswa 28. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran ini meningkat yaitu dari 76,09% menjadi 85,99%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran ini juga meningkat setelah dilihat dari ketuntasan klasikal, yaitu 60,71% dari siklus 1 menjadi 89,28% pada siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Aktivitas siswa semakin meningkat disetiap pertemuan dan hasil belajar yang diperoleh siswa pun meningkat serta berhasil memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditentukan oleh sekolah yaitu sebesar 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Soal Cerita, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 22 May 2019 02:39 | |||||||||
Last Modified: | 25 Sep 2019 10:50 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1859 |
Actions (login required)
View Item |