ANALISIS KEJIWAAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HARU NO SORA KARYA LAILI MUTTAMIMAH DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

A'idah, Safa Tarisma (2023) ANALISIS KEJIWAAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HARU NO SORA KARYA LAILI MUTTAMIMAH DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (984kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (857kB) | Request a copy

Abstract

A’idah, Safa Tarisma.2023. Analisis Kejiwaan Tokoh Utama dalam Novel Haru No Sora Karya Laili Muttamimah dengan Pendekatan Psikologi Sastra sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Eka Nova Ali Vardani, M.Pd. (2) Dzarna, M.Pd Kata kunci: Gangguan Stress, Kecemasan, Suasana Hati, Novel Haru No Sora Gangguan jiwa merupakan sebuah pola pikir, sindrom yang bermakna berhubungan dengan adanya penderitaan. Dalam gangguan jiwa, memiliki beberapa jenis gangguan jiwa yang akan dipecah menjadi lebih sempit. Diantara jenis gangguan jiwa yang terdapat dalam buku psikologi abnormal, peneliti memilih gangguan jiwa kecemasan, stress, dan gangguan suasana hati. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kejiwaan tokoh utama dalam novel Haru no Sora Karya Laili Muttamimah dalam aspek psikologi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel Haru No Sora Karya Laili Muttamimah. Data dalam penelitian ini berbentuk kalimat dalam monolog atau dialog. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik reduksi yang dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu (1) membaca dan menandai data dalam novel, (2) menyiapkan tabel pengumpul data, (3) menyeleksi dan mencatat data. Instrumen penelitian ini merupakan peneliti sendiri yang menjadi instrumen utama dan instrumen pendukung berupa tabel pengumpul data. Data dalam penelitian dianalisis melalui empat tahapan, yaitu (1) mengelompokkan data, (2) mengkode data, dan (3) menginterpretasi data. Teknik pengujian kesahihan data dalam penelitian ini menggunakan teknik peningkatan ketekunan. Hasil analisis data yang ditemukan yakni adanya gangguan jiwa yang dalam novel Haru No Sora Karya Laili Muttamimah meliputi Gangguan jiwa stress yang terdapat dalam novel Haru no Sora karya Laili Muttamimah adalah PTSD/Pascatrauma seperti kematian Ibu Sora . Gangguan jiwa kecemasan yang ada dalam novel tersebut adalah gangguan kecemasan umum seperti kekhawatiran yang berlebihan dan ketegangan saat bertemu dengan Ogawa-san. Gangguan jiwa suasana hati yang ada dalam novel tersebut adalah depresi mayor. Sora memiliki perasaan tertekan, menangis terisak di tempat umum, kesulitan berkonsentrasi, kehilangan tenaga, dan bahkan merencanakan bunuh diri. Gangguan jiwa yang ada dapat digunakan untuk membentuk karakter peserta didik dalam mengontrol emosi dan memberi edukasi tentang gangguan jiwa pada remaja agar mereka lebih mengenal emosi dan membantu orang-orang terdekat dengan gangguan jiwa..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gangguan Stress, Kecemasan, Suasana Hati, Novel Haru No Sora
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Safa Tarisma A'idah
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorVardani, Eka Nova Alinidn071011850
Thesis advisorDzarna, Dzarnanidn071028802
Contact Email Address: safarisma15@gmail.com
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:33
Last Modified: 31 Jul 2023 06:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18611

Actions (login required)

View Item View Item