Mulyanik, Sri (2017) Analisis Norma Sosiomatematik Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (287kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (22kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (132kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah di era yang semakin modern ini siswa cenderung bersifat individual padahal pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut salah satunya melalui pendidikan. Kegiatan utama dalam pendidikan adalah kegiatan belajar mengajar. Salah satu materi yang diajarkan adalah matematika. Selama ini penilaian matematika hanya didasarkan pada kemampuan siswa dalam menyelesaiakan masalah yang diberikan secara individu, dengan kata lain interaksi sosial sering dianggap tidak penting. Interaksi merupakan salah satu bagian dari norma sosial. Tujuan adanya norma sosial adalah untuk mengatur hubungan antar masyarakat agar tercipta dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran matematika juga diatur dengan norma yang disebut dengan norma sosiomatematik. Norma sosiomatematik merupakan norma yang mengatur interaksi sosial dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matematika. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana norma sosiomatematik siswa dalam menyelesaikan tugas kelompok pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan norma sosiomatematik siswa dalam menyelesaikan tugas kelompok pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017 di SMP Nuris Jember. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII C. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata norma sosiomatematik subyek dalam menyelesaikan tugas kelompok dari 29 subyek 17 subyek memiliki rata-rata norma sosiomatematik di bawah 56 % dan sebanyak 12 subyek memiliki rata-rata norma sosiomatematik di atas 56 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Norma sosiomatematik, tugas kelompok, segiempat dan segitiga |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 28 May 2019 01:52 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 13:26 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1886 |
Actions (login required)
View Item |