setiawan, rizky (2024) Strategi Pemasaran Maggot pada Farm Republic Larva. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN (2).pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK (1).pdf Download (498kB) |
|
Text
C. BAB I (1).pdf Download (2MB) |
|
Text
D. BAB II (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) | Request a copy |
|
Text
I. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (633kB) |
|
Text
K. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Maggot berasal dari lalat tentara hitam atau yang biasa kita sebut dengan Black Soldier Fly (BSF) (Hermetia illucens). Nilai jual maggot ada pada nutrisinya yang sangat cocok dijadikan pakan ternak serta pengembangan produk lainnya seperti maggot kering, maggot oil, dan juga pelet untuk berbagai pakan ternak. Tujuan penelitian yaitu (1) Untuk menganalisis saluran pemasaran maggot pada Farm Republic Larva; (2) Untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dalam pemasaran maggot pada Farm Republic Larva; (3) Untuk merancang strategi pemasaran maggot pada Farm Republic Larva. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Method) yakni di Baratan, Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan cara penentuan strategi matiks IE, perumusan alternatif strategi menggunakan matriks SWOT, penentuan strategi prioritas menggunakan QSPM, dan saluran pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) saluran pemasaran terdiri dari saluran pemasaran langsung dan tidak langsung. Margin pemasaran 31,81% dan Farmer share 68,11%, sehingga saluran pemasaran dikatakan efisien; (2) Faktor kekuatan meliputi, harga jual cukup bersaing, kapasitas produksi besar, manajemen pakan yang baik, memiliki pelanggan loyal. Faktor kelemahan meliputi, peralatan masih manual, belum ada perencanaan pemasaran, pemasaran belum luas, belum ada SOP tertulis. Faktor peluang meliputi, pesaing masih sedikit, letak usaha strategis, target pasar masih luas, kerjasama sumber pakan maggot, adanya komunitas pecinta maggot. Faktor ancaman meliputi, harga jual tidak stabil, produk substitusi, perubahan selera konsumen; (3) strategi pemasaran Farm Republic Larva berada pada kuadran V yaitu stabilisasi, hal ini sejalan strategi pemasaran matriks QSPM yaitu Farm Republic Larva harus menerapkan pengembangan pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Farm Republic Larva, Maggot, Strategi Pemasaran | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services | |||||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) | |||||||||
Department: | S1 Agribisnis | |||||||||
Depositing User: | Rizky Setiawan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | rizkyysetiawan.72@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 20 May 2024 06:24 | |||||||||
Last Modified: | 20 May 2024 06:24 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20934 |
Actions (login required)
View Item |