Wulandari, Riska Dwi (2024) Pengaruh Kelekatan Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini di TK Desa Wringintelu-Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (990kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan sosial-emosional merupakan kemampuan seseorang untuk memahami perasaan orang lain dan menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku. Perkembangan sosial-emosional yang optimal sangat dibutuhkan seseorang untuk beradaptasi dan mengelola emosi sebagai bekal menghadapi lingkungan sosial yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelekatan terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini di TK Desa Wringintelu-Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Populasi pada penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak berusia 4-6 tahun dan sedang sekolah TK dengan jumlah populasi 162 dan sampel sebanyak 115 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan metode simple random sampling. Pengambilan data menggunakan Skala Kelekatan yang disusun oleh peneliti dengan mengacu pada Teori Kelekatan Bowlby (1958) (18 item; α = 0.881) dan Skala Perkembangan Sosial-Emosional yang diadaptasi dari penelitian (Nadhifah, 2022) dengan mengacu pada Aspek Perkembangan Sosial-Emosional Squires (2002) (23 item; α = 0.828). Analisa data menggunakan regresi linear sederhana dengan hasil menunjukkan bahwa kelekatan mempengaruhi perkembangan sosial-emosional secara signifikan dan positif sebesar (R2 = 0.049; p < 0.05). Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel lain yang berpengaruh besar terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Sosial-Emosional, Kelekatan, Anak Usia Dini | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Riska Dwi Wulandari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | wriskadwi@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:33 | |||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:33 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21804 |
Actions (login required)
View Item |