Gambaran Gaya Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember

Setiawan, Mahardika Fitra (2024) Gambaran Gaya Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Gaya belajar adalah cara yang digunakan siswa untuk berkonsentrasi, memproses, menyerap, dan menyimpan informasi baru dan sulit. Ada beberapa model belajar didalam gaya belajar sendiri, salah satunya yaitu VARK yang merupakan modalitas sensorik yang digunakan untuk mengolah informasi apapun, VARK merupakan singkatan dari ke-empat kecerdasan utama yaitu Visual, Auditory, Read, and Kinesthetic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gaya belajar siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember. Metode dalam penelitian ini menggunkan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan jumlah 252. Sampel yang digunakan sebesar 146 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan bantuan absensi kelas. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala gaya belajar yang telah dimodifikasi dari peneliti sebelumnya (Nurfansyah, 2023). Analisa data penelitian ini menggunakan uji deskriptif dengan menggunakan bantuan aplikasi Jamovi for windows. Hasil dari penelitian diketahui bahwa siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember secara umum cenderung memilik gaya belajar dengan modalitas visual artinya siswa dapat maksimal dalam belajar dengan adanya media pembelajaran seperti video – video atau gambar – gambar pembelajaran yang mewakili kata – kata. Berdasarkan jenis kelaminnya bahwa siswa laki-laki cenderung memiliki gaya belajar dengan modalitas auditory sedangkan siswa perempuan lebih cenderung memiliki gaya belajar dengan modalitas visual. Disisi lain, berdasarkan kelas diketahui bahwa kelas X cenderung memiliki gaya belajar dengan modalitas reading dan kelas XI cenderung memiliki gaya belajar dengan modalitas auditory.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, VARK, SMA
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Mahardika Fitra Setiawan
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:31
Last Modified: 26 Jul 2024 03:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22378

Actions (login required)

View Item View Item