PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN GULING DEPAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU SPONGE

Setiawan, Rezky Agus (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN GULING DEPAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU SPONGE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (716kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (837kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya minat siswa pada pembelajaran guling depan yang diterapkan selama ini. Sebagian besar siswa menganggap pembelajaran guling depan adalah pembelajaran yang sulit untuk dilakukan. Sebagian besar siswa merasa takut, tidak percaya diri, gerakan masih ragu-ragu saat praktek dilapangan. Sehingga pembelajaran guling depan siswa kelas 5 di UPTD SATDIK SDN Kebonsari 04 kurang efektif. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan keterampilan dan motivasi siswa kelas 5 di UPTD SATDIK SDN Kebonsari 04. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan dan motivasi siswa kelas 5 di UPTD SATDIK SDN Kebonsari 04. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan dilaksanakan yaitu pada 24 Mei 2024 hingga 7 Juni 2024 di UPTD SATDIK SDN Kebonsari 04. Peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data diantaranya, yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja keterampilan dan lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterampialan dan motivasi siswa kelas 5 meningkat dengan menggunakan alat bantu sponge. Dimana pada siklus 1 yang tuntas melakukan guling depan sebanyak 13 siswa dan siklus 2 yang tuntas melakukan guling depan sebanyak 22 siswa . Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 menunjukkan angka 46,43% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 78,57%. Simpulan penelitian ini adalah modifikasi media pembelajaran di mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan alat bantu sponge dapat meningkatkan keterampilan siswa. Selain keterampilan, motivasi pada diri siswa dalam pembelajaran guling depan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Motivasi, Sponge
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Physical and Sport Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Rezky Agus Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorAgustina, LadyNIDN0722088102
Thesis advisorSulaiman, AhmadNIDN0711019004
Contact Email Address: setiarezky@gmail.com
Date Deposited: 31 Oct 2024 06:21
Last Modified: 31 Oct 2024 06:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23615

Actions (login required)

View Item View Item