Kamila, Devi Faricha Rahman (2024) Pengaruh Metode Problem Based Learning Dalam Pembeljaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Mayang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (530kB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (78kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (208kB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) | Request a copy |
Abstract
Problem based learning merupakan suatu metode pembelajaran dimana peserta didik menggunakan masalah sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam belajar. Sehingga peserta didik dapat mengembangkan kreatifitas dalam berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan bahwa proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII bahwa sebagian peserta didik kesulitan dalam memahami teks eksplanasi dan menentukan sebuah ide, hal ini membuat peserta didik tidak tuntas dalam kegiatan menulis. Alasan menggunakan metode problem based learning supaya peserta didik meningkatkan kemampuan berpikir kritis, membantu mengembangkan keterampilan menulis, dan menjadikan peserta didik lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) dalam kegiatan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Mayang. Metode penelitian menggunakan pendekatan eksperimental dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII, yang dibagi menjadi kelas eksperimen dengan jumlah 28 peserta didik dan kelas kontrol adalah 27 peserta didik. Kelas eksperimen diberi perlakuan khusus dengan menerapkan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, sementara kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes menulis teks eksplanasi yang dilakukan pada tahap pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik untuk mengetahui signifikansi perbedaan kemampuan menulis teks eksplanasi antara kedua kelas. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posstest peserta didik dengan menerapkan metode problem based learning di kelas eksperimen sebesar 71.79, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata dari hasil posstest sebesar 62.44. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi. Metode ini terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan keterampilan menulis peserta didik. Simpulan penelitian adalah metode Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Mayang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Menulis Teks Eksplanasi, Problem Based Learning | |||||||||
Subjects: | 400 Language 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Devi Faricha Rahman Kamila | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | devikamila2001@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2025 01:55 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2025 01:55 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23806 |
Actions (login required)
View Item |