PERAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PLUS BUSTANUL ULUM MLOKOREJO
ISRIYAH, VINA LAYINATUL (2025) PERAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PLUS BUSTANUL ULUM MLOKOREJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peranan yang sangat penting dalam konteks pendidikan nasional di Indonesia. Mata pelajaran ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang ajaran Islam, tetapi juga berkontribusi dalam pembentukan karakter dan moralitas siswa. Dalam hal ini, peran guru sangat krusial sebagai penghubung utama antara materi yang diajarkan dan para siswa. Guru bertanggung jawab untuk menyampaikan materi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti, sehingga siswa dapat menginternalisasi nilai-nilai agama dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo. Metode penelitia yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI dan siswa kelas IX D.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting sebagai pendidik, teladan, fasililator, dan motivator dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Guru yang efektif mampu menerapkan materi pelajaran dengan menarik dan relevan, serta menggunakan strategi pembelajaran yang interaktif. Selain itu, guru juga berperan dalam memberikan perhatian atau umpan balik dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Dengan demikian, peran guru dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata Pelajaran PAI.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingROFI, SOFYANNIDN0705078402Dosen PembimbingTAMAMI, BADRUTNIDN0722108603
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Peran Guru, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice > 297.57 Religicus Experience, Life, Practice |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Vina Layinatul Isriyah | vinalayyin@gmail.com |
Date Deposited: | 10 May 2025 02:13 |
Last Modified: | 10 May 2025 02:13 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24922 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |