EKSPLORASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT



ANGGRAINI, MELLYANA ADISTYA (2025) EKSPLORASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena pentingnya kemampuan metakognitif dalam proses pemecahan masalah matematika terutama dalam merencanakan strategi, memantau proses berpikir, mengevaluasi hasil akhir. Selain itu, terdapat perbedaan respon siswa terhadap tantangan belajar berdasarkan tingkat Adversity Quotient (AQ). Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan metakognitif siswa dengan adversity quotient (AQ) tinggi (Climber), sedang (Camper), rendah (Quitter) pada materi PLSV kelas VIII? Terdapat tiga tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif siswa dengan adversity quotient (AQ) tinggi (Climber), sedang (Camper), rendah (Quitter) pada materi PLSV kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek 6 siswa kelas VIII-C di SMP Negeri 1 Puger yang telah diklasifikasikan ke dalam tiga kategori tipe AQ yaitu Climber, Camper, dan Quitter. Data dikumpulkan melalui tes AQ, tes kemampuan metakognitif, wawancara, dan observasi kemudian dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan AQ Climber memiliki kemampuan metakognitif tinggi, mampu merencanakan langkah-langkah, memantau proses, dan mengevaluasi hasil akhir dengan baik serta memiliki rencana cadangan. Siswa dengan AQ Camper memiliki kemampuan metakognitif sedang, mampu merencanakan langkah-langkah dengan baik namun masih terbatas dalam memantau proses dan mengevaluasi hasil akhir dengan baik serta tidak memiliki rencana cadangan ketika mengalami kesulitan. Siswa dengan AQ Quitter memiliki kemampuan metakognitif rendah, perencanaan kurang jelas, tidak memantau proses, dan tidak mengevaluasi hasil akhir dengan baik serta cenderung mudah menyerah dan bergantung pada bantuan teman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tingkat Adversity Quotient (AQ) dengan kemampuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Semakin tinggi Adversity Quotient (AQ) siswa, semakin tinggi pula kemampuan metakognitif yang ditunjukkan dalam proses pemecahan masalah.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
SURYANINGRUM, CHRISTINE WULANDARI
NIDN0717028302
UNSPECIFIED
RHOMDANI, ROHMAD WAHID
NIDN0729048701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kemampuan Metakognitif, Adversity Quotient (AQ), Pemecahan Masalah Matematika, Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Mellyana Adistya Anggraini | mellyanaanggraini15@gmail.com
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:11
Last Modified: 24 Jun 2025 01:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25172

Actions (login required)

View Item View Item