PENGARUH KUALITAS LAYANAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH (STUDI KASUS PADA MANDIRI UTAMA FINANCE JEMBER)
Nafaqoh, Eno Barokatul (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH (STUDI KASUS PADA MANDIRI UTAMA FINANCE JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (838kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat. Persaingan ini menuntut
para pelaku bisnis untuk mampu memaksimalkan kinerja perusahaan agar dapat
bersaing dipasar. PT Mandiri Utama Finance (MUF) merupakan anak perusahaan
dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang bergerak di sektor pembiayaan kendaraan
untuk melayani kebutuhan masyarakat di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan islami terhadap peningkatan
loyalitas nasabah di PT Mandiri Utama Finance Cabang Jember, penelitian ini
berfokus pada peningkatan loyalitas nasabah di Mandiri Utama Finance Jember.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel
sebanyak 110 responden dan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan
teknik Purposive sampling, menggunakan teknik pengumpulan data berupa
kuesioner kepada responden. Adapun teknik analisis data penelitian ini dengan
menggunakan pengujian instrument, asumsi klasik dan regresi linear berganda, uji
hipotesis dan koefisien determinasi R2
. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualitas layanan Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
nasabah di PT Mandiri Utama Finance Jember. Kontribusi pengaruh kualitas
layanan Islami terhadap loyalitas nasabah mencapai 96%, sedangkan 4% sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dengan
demikian, penerapan layanan berbasis nilai-nilai Islami dapat meningkatkan
loyalitas nasabah secara signifikan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingNursyamsiyah, SitiNIDN0706027901Dosen PembimbingBashori, Dhofir CaturNIDN0712049002
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kualitas Pelayanan Islami, Loyalitas Nasabah |
Subjects: | 200 Religious > 201 Religious Mythology > 204 Religius Experience, Life & Practice |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Sharia Economy (S1) |
Depositing User: | ENO BAROKATUL NAFAQOH | enobarokatul89@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:04 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:06 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |