PENGARUH EDUKASI CERAMAH DAN ROLE PLAY 5D TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA REMAJA DI SMPN 6 JEMBER
Hudoyo, Desta Almiira (2025) PENGARUH EDUKASI CERAMAH DAN ROLE PLAY 5D TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA REMAJA DI SMPN 6 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (618kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (549kB) |
![]() |
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dan tujuan: Kekerasan seksual pada remaja merupakan masalah serius yang terus meningkat di Indonesia, termasuk di Kabupaten Jember. Kurangnya pengetahuan, sikap, dan keterampilan remaja dalam mengenali serta mencegah kekerasan seksual menjadi faktor utama tingginya angka kejadian. Diperlukan pendekatan edukatif yang efektif dan partisipatif untuk meningkatkan kemampuan remaja dalam upaya pencegahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi ceramah dan role play 5D terhadap perilaku pencegahan kekerasan seksual pada remaja, yang meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan tindakan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Populasi Sebanyak 235 siswa kelas 7 SMPN 6 Jember. Sampel terdiri dari 68 siswa kelas VII di SMPN 6 Jember yang dipilih melalui teknik Purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang mengukur aspek pengetahuan, sikap, dan tindakan. Data dianalisis menggunakan uji Paired Sample t-Test. Hasil: Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada ketiga aspek setelah dilakukan edukasi. Nilai p pada variabel pengetahuan adalah p= 0,000, pada variabel sikap p= 0,000, dan pada variabel tindakan p = 0,000. Seluruh nilai p berada di bawah tingkat signifikansi 0.05, yang berarti terdapat perbedaansignifikan antara skor pretest dan post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi metode ceramah dan role play 5D efektif dalam meningkatkan kemampuan remaja untuk mengenali dan mencegah kekerasan seksual. Simpulan dan Implikasi: Metode ini mendorong proses pemahaman melalui penyampaian informasi dan praktik secara langsung, sejalan dengan pendekatan Health Promotion Model (HPM) yang menekankan pentingnya pengalaman belajar aktif dalam perubahan perilaku kesehatan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHidayat, Cahya TribagusNIDN0703038801Dosen PembimbingAdriani, Sri WahyuniNIDN0717058603
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Edukasi Ceramah, Role Play 5D, Kekerasan Seksual, Perilaku Pencegahan, Remaja. |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 614 Public Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) |
Depositing User: | Desta Almiira Hudoyo | desta.almiira@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:21 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:21 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |