STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI BAWANG GORENG PADA UMKM SAYUNI DENGAN METODE SWOT (STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITY, THREAT) DAN AHP (ANALYTICAL HEIRARCHY PROCESS)
SAPUTRA, ROYHANSYAH (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI BAWANG GORENG PADA UMKM SAYUNI DENGAN METODE SWOT (STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITY, THREAT) DAN AHP (ANALYTICAL HEIRARCHY PROCESS). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
2. RINGKASAN.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) | Request a copy |
Abstract
Agroindustri bawang goreng memiliki potensi besar dalam mendukung perekonomian daerah serta memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat, terutama pada produk berbasis lokal yang autentik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pengembangan agroindustri bawang goreng di UMKM Sayuni, (2) menentukan strategi alternatif yang dapat diterapkan, dan (3) menetapkan strategi prioritas untuk pengembangan usaha tersebut. Metode yang digunakan adalah analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal, eksternal, dan strategi alternatif, serta metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan strategi prioritas. Penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner dengan para ahli, pengusaha, dan stakeholder terkait. Hasil analisis SWOT menunjukkan terdapat lima alternatif strategi, yaitu: (1) mengoptimalkan produksi bawang goreng dengan skala besar dengan melakukan kerjasama dengan petani dan pemasok bawang merah, (2) pemasaran berbasis keunggulan lokasi dan keaslian produk lokal, (3) menggunakan keahlian untuk membentuk brand yang kuat Promosi berbasis edukasi kuliner, (4) promosi berbasis edukasi kuliner, dan (5) mengembangkan produk dengan strategi pemasaran berbasis rekomendasi konsumen. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis AHP, strategi prioritas untuk diterapkan adalah mengoptimalkan produksi bawang goreng dengan skala besar melalui kolaborasi dengan petani dan pemasok.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingPutra Setiawan, AndikaNIDN0713129401Dosen PembimbingIndra Wardhana, DanuNIDN0705089203
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Agroindustri, UMKM, SWOT, AHP, Agroindustri, Strategi Pengembangan |
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 003 Systems 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agriculture Industrial Technology (S1) |
Depositing User: | ROYHANSYAH SAPUTRA | royhanngewez97@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:33 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:33 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |