PENERAPAN MEDIA PODCAST YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS XI SMAN 01 PUJER
Putri Luwansa, Valen Eka (2025) PENERAPAN MEDIA PODCAST YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS XI SMAN 01 PUJER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Luwansa, Valen, Eka, P.utri. 2025. Penerapan Media Podcast YouTube Dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis
Puisi Pada Siswa Kelas XI SMAN 01 Pujer, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (1) Agus Milu
Susetyo M. Pd. (2) Syahrul Mubaroq M. Pd.
Kata Kunci: Media Podcast, Bahasa Indonesia Keterampilan Menulis Puisi,
Penelitian Tindakan Kelas.
Perkembangan pesat dalam teknologi informasi dan media sosial, seperti
YouTube, memberikan dampak signifikan terhadap berbagai kalangan, termasuk
dalam bidang pendidikan. Penggunaan media digital, khususnya podcast,
menawarkan metode alternatif dalam pembelajaran yang dapat mengatasi
keterbatasan koneksi internet dan meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media podcast YouTube dalam
meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa di SMAN 01 Pujer. Media podcast
(siniar) memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran secara
fleksibel dan hemat kuota internet, yang sangat bermanfaat di daerah dengan
koneksi internet terbatas.
Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami
kesulitan dalam mengekspresikan ide-ide mereka secara puitis. Hal ini utamanya
disebabkan oleh kurangnya pemahaman mereka terhadap elemen-elemen dasar
puisi, seperti diksi, rima, irama, citraan, dan majas, yang merupakan unsur penting
dalam menciptakan karya puisi yang bermakna dan indah. Selain itu, keterbatasan
kemampuan dalam menerapkan teknik menulis yang kreatif, seperti eksplorasi
emosi, pengalaman pribadi, maupun penggunaan simbolik, turut menjadi hambatan
dalam proses penciptaan puisi.
Dari sisi guru, tantangan lain yang muncul adalah sulitnya merancang metode
pembelajaran yang tidak hanya informatif tetapi juga mampu membangkitkan
minat siswa dalam menulis puisi. Materi puisi sering dianggap abstrak dan
membosankan oleh siswa jika tidak disampaikan dengan pendekatan yang
kontekstual dan menarik. Guru memerlukan inovasi media pembelajaran yang
mampu menjembatani teori dan praktik, serta dapat menjangkau berbagai gaya
belajar siswa.
Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, media podcast YouTube diusulkan
sebagai sarana pembelajaran alternatif yang dapat memberikan pengalaman belajar
yang lebih interaktif dan menarik. Penggunaan podcast berbasis YouTube
memungkinkan siswa untuk mendengarkan pembacaan puisi, wawancara dengan
penyair, serta pembahasan mendalam mengenai teknik penulisan puisi dalam
format audio-visual yang mudah diakses dan fleksibel. Media ini tidak hanya
berfungsi sebagai sumber inspirasi, tetapi juga sebagai alat pembelajaran yang mampu memfasilitasi pemahaman siswa terhadap struktur dan gaya puisi dengan
lebih kontekstual.
Penggunaan podcast juga sejalan dengan hasil berbagai penelitian
sebelumnya yang menunjukkan bahwa media audio-visual, khususnya podcast,
terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis dan keterlibatan siswa
dalam proses pembelajaran. Podcast menciptakan suasana belajar yang tidak kaku,
memberi ruang bagi siswa untuk merenung, berimajinasi, dan berekspresi secara
lebih bebas. Dengan demikian, penerapan media podcast YouTube dalam
pembelajaran menulis puisi diharapkan dapat menjadi strategi yang tepat dalam
meningkatkan kompetensi literasi kreatif siswa, sekaligus mendukung peran guru
dalam menghadirkan pembelajaran yang lebih inovatif dan bermakna
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSusetyo, Agus Milunidn0718088602Dosen PembimbingMubaroq, Syahrulnidn0708088804
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Media Podcast, Bahasa Indonesia, Keterampilan Menulis Puisi, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 373 Secondary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | Valen Eka Putri Luwansa | valenvepl@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:17 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:17 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |