IMPLEMENTASI METODDE TASMI' DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI DI PESANTREN NUGROHO ISLAMIC BOARDING SCHOOL RAMBIPUJI-JEMBER
AZIS, MUHAMMAD AMIN (2025) IMPLEMENTASI METODDE TASMI' DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI DI PESANTREN NUGROHO ISLAMIC BOARDING SCHOOL RAMBIPUJI-JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Azis, Muhammad Amin. 2110911034. Implementasi metode tasmi’ dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Nugroho islamic boarding school, skripsi, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : ( I ) Dr. Bahar Agus Setiawan S.Th.I., M.M.Pd. Pembimbing ; ( II ) Hairul Huda ., M.M Pd.I.
Kata kunci: Implementasi metode Tasmi’, kualitas hafalan Qur’an.
Menghafal Al-qur’an merupakan langkah yang dilakukan untuk menjaga kemurnian dari kitab suci ini. Dalam menghafal al-qur’an tidak hanya dilihat dari jumlah hafalan yang didepat, namun bagaimana para penghafal al-qur’an mampu menjaga hafalan (mutqin). Nugroho islamic boarding school, yang memiliki program unggulan tahfidzul Qur’an, meng implementasikan metode tasmi’ saat ujian tahfidz. Penelitian ini di dasarkan pada keingin tahuan peneliti bagaimana metode Tasmi’ di terapkan, dan mengetahui keberhasilan metode tasmi’ dalam menjaga Kualitas hafalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari beberapa informan santri, dan ustadz pembimbing tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode Tasmi’ di Nugroho islamic boarding school berdampak positif terhadap kelancaran dan ketepatan hafalan (mutqin) santri. Sistem halaqoh, motivasi internal, dan dukungan orang tua menjadi faktor utama yang mendukung keberhasilan metode ini. Namun demikian, hambatan seperti perbedaan kemampuan hafalan antar santri, tekanan psikologis saat ujian, dan rendahnya konsistensi muroja’ah masih menjadi tantangan. Secara keseluruhan, metode Tasmi’ efektif sebagai alat evaluasi dan pembinaan hafalan Al-Qur’an di lingkungan pesantren berbasis boarding school.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSETIAWAN, BAHAR AGUSNIDN0717087802Dosen PembimbingHUDA, HAIRULNIDN0720018902
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Implementasi metode Tasmi’, kualitas hafalan Qur’an |
Subjects: | 200 Religious > 210 Philosophy and Theory of Religion > 212 Existence, Knowability & Attributes of God |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Muhammad Amin Azis | aminazis957@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 06:18 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 06:18 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27242 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |