Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan

Maskasehani, Maskasehani (2019) Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (949kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNALL.pdf

Download (642kB)

Abstract

Komunikasi dalam pendidikan merupakan sarana utama bagi guru dan siswa dalam melakukan interaksi proses pembelajaran di sekolah. Komunikasi ini berupa berbagai makna yang di sampaikan guru melalui perilaku verbal dan non verbal. Tanpa adanya kemampuan komunikasi guru yang baik, maka siswa akan lebih banyak melakukan aktivitas diluar materi yang disampaikan oleh guru saat pembelajaran berlangsung, sehingga membuat proses belajar tidak bisa mencapai hasil yang maksimal. Hal ini terjadi karena siswa yang belajar memerlukan motivasi intrinsik (diri sendiri) dan ekstrinsik (lingkungan). Adanya kemampuan komunikasi ini diharapkan mampu memberikan stimulus kepada siswa dengan tujuan mampu membangkitkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah pengaruh kemampuan komunikasi guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dihasilkan dari kemampuan komunikasi guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif regresi linier sederhana. Adapaun jumlah responden yang digunakan oleh peneliti berupa jumlah populasi sebesar 50 siswa dengan taraf signifikasi 1 persen. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 10 item pertanyaan variabel X dan 10 pertanyaan variabel Y dengan menggunakan Skala Linkert. Berdasarkan hasil olah data menunjukkan validitas r-hitung lebih besar dari r-tabel. Sedangkan uji reliabilitas dapat dikatakan reliabel dengan nilai variabel X sebesar 0,646 kategori cukup, variabel Y sebesar 0,792 kategori tinggi. Terkait dengan hasil olah data uji linieritas dan normalitas kedua variabel dapat dikatakan normal dan linier. Adapun hasil olah data penelitian, nilai regresi pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar sebesar 0,595 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Komunikasi Guru berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa pada kriteria cukup dengan nilai 0,595.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Guru, Motivasi Belajar
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Users 178 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2019 06:33
Last Modified: 05 Oct 2020 04:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item