Hubungan Antara Verbal Bullying dengan Tingkat Percaya Diri pada Siswa di SMPN 01 SILO
Qurota Aini, Dinda Fadiya (2025) Hubungan Antara Verbal Bullying dengan Tingkat Percaya Diri pada Siswa di SMPN 01 SILO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (848kB) |
![]() |
Text
3. Bab I.pdf Download (856kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (959kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (997kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (920kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (819kB) |
![]() |
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Verbal Bullying merupakan salah satu bentuk bullying yang paling umum terjadi di sekolah dan berdampak serius terhadap kesejahteraan psikologis siswa, khususnya pada tingkat percaya diri mereka. Rendahnya rasa percaya diri dapat memengaruhi prestasi akademik, interaksi sosial, serta kesejahteraan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bullying verbal dengan tingkat percaya diri pada siswa kelas VIII di SMPN 01 Silo. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian berjumlah 209 siswa kelas VIII, dengan total 145 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian meliputi Olweus Bully Victim Questionnaire (OBVQ) untuk mengukur bullying verbal dan Self-Efficacy Questionnaire for Children (SEQ-C) untuk mengukur percaya diri. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami bullying verbal dalam kategori sedang (11,7%) dan memiliki tingkat percaya diri sedang (59,3%). Uji Chi-Square menunjukkan nilai χ² = 38,250 dengan p = 0,001 (p < 0,05), serta rs = 0,257, yang berarti terdapat hubungan signifikan antara verbal bullying dengan tingkat percaya diri siswa, meskipun berada pada kategori lemah pada siswa kelas VIII SMPN 01 Silo. Penelitian ini merekomendasikan intervensi berbasis sekolah melalui program pencegahan bullying yang sistematis serta upaya penguatan percaya diri siswa. Selain itu, penelitian selanjutnya disarankan mengeksplorasi faktor lain yang berpengaruh terhadap percaya diri siswa, seperti lingkungan keluarga, dan dukungan teman sebaya, dan paparan media digital, sehingga dapat diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingZaini, MadNIDN0714078705Dosen PembimbingSuryaningsih, YeniNIDN0701037905
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | verbal bullying, tingkat percaya diri |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health |
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) |
Depositing User: | Dinda Fadiya Qurota Aini | dindaqurrota2003@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:03 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 07:03 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |