Analisis dan Strategi Pemasaran Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) di Kabupaten Jember

Faizin, Achmad (2019) Analisis dan Strategi Pemasaran Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
i. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] Text
k. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
l. ARTIKEL.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang efisiensi saluran pemasaran dan strategi pemasaran jamur tiram putih di Kabupaten Jember yang bertujuan untuk: (1) mempelajari saluran pemasaran jamur tiram; (2) menghitung tingkat efisiensi pemasaran; (3) menentukan strategi pemasaran. Penelitan ini dilakukan di Kabupaten Jember, ditentukan secara purposive karena di daerah tersebut banyak petani yang membudidayakan jamur tiram putih. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode snowball sampling dan diperoleh sampel sebanyak 11 petani, 4 pedagang pengepul, dan 6 pedagang pengecer. Data penelitian ini dianalisis menggunakan: (1) analisis deskriptif; (2) analisis margin pemasaran; (3)analisis SWOT Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) saluran pemasaran jamur tiram putih terdiri dari tiga saluran pemasaran, yaitu saluran nol tingkat, saluran satu tingkat, dan saluran dua tingkat; (2) saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran nol tingkat, dengan nilai margin sebesar Rp 0. Strategi yang diperoleh untuk meningkatkan pemasaran jamur tiram putih di daerah penelitian adalah strategi agresif atau strategi SO (Strengths-Opportunities), dengan cara yaitu, menjaga kualitas jamur tiram putih yang dihasilkan dan memanfaatkan permintaan pasar dengan menigkatkan volume produksi jamur tiram putih. Kata kunci: Saluran pemasaran, margin pemasaran, efisisensi pemasaran, strategi pemasaran, jamur tiram putih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Users 204 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:27
Last Modified: 25 Nov 2019 08:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item