MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI METODE KUBACA PADA ANAK KELOMPOK B PAUD BAITURROHMAN SANENREJO TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Endrik, Listiani (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI METODE KUBACA PADA ANAK KELOMPOK B PAUD BAITURROHMAN SANENREJO TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (485kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (527kB)

Abstract

ABSTRAK Listiani, Endrik. 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Melalui Metode Kubaca Pada Anak kelompok B PAUD Baiturrohman Sanenrejo Tahun Pelajaran 2019-2020”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : (1) Dra.Khoiriyah, M.Pd (2) Asti Bhawika Adwitiya, S.Psi, M.A. Kata Kunci : Kemampuan membaca awal, Metode kubaca Kemampuan membaca awal yaitu kemampuan anak mengenal simbol huruf, kata, menyusun kata dan mengetahui makna kata-kata dalam kalimat yang sering dilihat dan didengar. Sedangkan metode “Kubaca” adalah suatu sarana yang dapat digunakan untuk dapat digunakan untuk menyalurkan informasi belajar yang dapat merangsang pikiran, perhatian, dan imajinasi anak dalam hal berbahasa. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca awal anak melalui metode “Kubaca” pada anak kelompok B di PAUD Baiturrohman Sanenrejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca awal anak melalui metode “Kubaca” pada anak kelompok B di PAUD Baiturrohman Sanenrejo. Kemampuan membaca awal anak kelompok B PAUD Baiturohman Sanenrejo di duga dapat ditingkatkan melalui metode “Kubaca”. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan, pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 13 April 2020 hingga 23 April 2020 pada anak kelompok B PAUD Baiturrohman. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas anak selama kegiatan dirumah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode “Kubaca” dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak, dari Jumlah 10 anak terdapat 8 anak yang berkembang dalam kemampuan membaca awal. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa perkembangan membaca awal anak yang berkembang diperoleh 80% yang berarti memenuhi kriteria kesuksesan. Hal ini berarti metode “Kubaca” dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak kelompok B yaitu usia 5-6 tahun di Desa Sanenrejo Kecamatan tempurejo Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
400 Language
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Listiani Endrik
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:32
Last Modified: 23 Jul 2020 03:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4944

Actions (login required)

View Item View Item