HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI FASE PERKENALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT BALADHIKA HUSADA KABUPATEN JEMBER

darmawan, viqi bayu (2020) HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI FASE PERKENALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT BALADHIKA HUSADA KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C. Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
E. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
F. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
G. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
H. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
I. Bab VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
J. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
K. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Artikel Jurnal.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penilaian pasien terhadap kualitas pelayanan di rumah sakit menjadi hal utama sebagai acuan dalam pembenahan pelayanan sehingga akan tercipta suatu kepuasan dan loyalitas dari pasien. Namun pada praktek di lapangan pasien sering tidak puas dengan kualitas dan jumlah informasi yang diterima dari tenaga kesehatan, pasien tidak puas berkomunikasi dengan dokter dan perawat, aspek yang paling membuat ketidakpuasan adalah jenis informasi yang diterima dan kurangnya interaksi antara perawat dengan pasien. Desain penelitian yang digunakan adalah studi korelasional dengan pendekatan Spearmen rho teknik pengambilan sampel menggunakan kuota sampling dengan sampel pasien yang di rawat di ruang rawat inap. Analisa data menggunakan uji Spearman rho didapatkan (p value = 0,000) (α = <0,05,) (r = 0,755) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi fase perkenalan dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Baladhika Husada Kabupaten Jember. Ketidakpuasan pasien terhadap komunikasi di fase perkanalan keperawatan harus segera diatasi. Hal ini dikarenakan, perawat merupakan tenaga kerja terbanyak serta memiliki intensitas waktu yang lebih sering bertemu pasien dibandingkan tenaga kesehatan lainnya. Jika seseorang merasa puas dengan kualitas pelayanan keperawatannya, maka besar kemungkinan citra institusi pelayanan kesehatan tersebut juga akan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 617 Miscellaneous Branches of Medicine and Surgery
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Darmawan Bayu Viqi
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorkomarudin, komarudinnidn
Thesis advisorsupriyadi, supriyadinidn0015047409
Date Deposited: 15 Sep 2020 01:01
Last Modified: 15 Sep 2020 01:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5740

Actions (login required)

View Item View Item