PENGARUH PENGGUNAAN HUMOR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK SISWA MAN 2 JEMBER



Prilian, Rahma Tri (2019) PENGARUH PENGGUNAAN HUMOR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK SISWA MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1510221069.pdf] Text
1510221069.pdf

Download (211kB)

Abstract

Prilian Tri, Rahma. 2019. Pengaruh Penggunaan Humor Dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia Terhadap Hasil Belajar Menyimak Siswa di MAN 2
Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan
Bahasa Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
Jember.
Pembimbing:
(1)
Dr.
Hanafi,
M.
Pd.
(2)
Agus
Milu
Susetyo,

M.
Pd.
Kata Kunci: Humor, Pembelajaran, Hasil Belajar Menyimak

Humor merupakan kejenakaan dan kelucuan yang memancing senyum serta
tawa pendengar atau orang yang melihatnya. Humor dapat dipadukan terhadap
pembelajaran yang diartikan sebagai komunikasi pendidik dengan menggunakan
sisipan kata-kata bahasa dan gambar yang mampu menggelitik siswa untuk tertawa.

Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah apakah ada pengaruh
penggunaan humor terhadap hasil belajar menyimak siswa pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Tujuan Penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh penggunaan humor terhadap hasil belajar menyimak siswa.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa
kelas XI MAN 2 Jember. Tempat penelitian di MAN 2 Jember, pada tanggal 3 Mei
2019. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, angket, dokumentasi.
Instrumen dalam penelitian adalah pedoman wawancara, pedoman angket, penguji
validitas dan reabilitas. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis
deskriptif kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang
menggunatakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa
yang ingin kita ketahui dengan bantuan SPSS versi 21.

Hasil analisis data menunjukkan Ada pengaruh antara penggunaan humor
dalam pembelajaran terhadap hasil belajar menyimak. Hal tersebut dapat ditunjukkan
Berdasarkan nilai t, diketahui nilai t hitung sebesar 3,197 > t tabel 1.662. karena
koefisien regresi sederhana mempunyai nilai positif dan nilai signifikansi lebih kecil
dari 0,05. Untuk kontribusi pengaruh penggunaan humor dalam pembelajaran
terhadap hasil belajar yaitu sebesar 58,8%.

Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah adanya
pengaruh antara penggunaan humor dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap
hasil belajar menyimak siswa.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Hanafi, Hanafi
nidn0015086701
UNSPECIFIED
Susetya, Agus Milu
nidn0718088602

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:19
Last Modified: 19 Feb 2025 03:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6808

Actions (login required)

View Item View Item