PENGARUH PENGGUNAAN HUMOR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK SISWA MAN 2 JEMBER
Prilian, Rahma Tri (2019) PENGARUH PENGGUNAAN HUMOR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK SISWA MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (732kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1510221069.pdf Download (211kB) |
Abstract
Prilian Tri, Rahma. 2019. Pengaruh Penggunaan Humor Dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia Terhadap Hasil Belajar Menyimak Siswa di MAN 2
Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan
Bahasa Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
Jember.
Pembimbing:
(1)
Dr.
Hanafi,
M.
Pd.
(2)
Agus
Milu
Susetyo,
M.
Pd.
Kata Kunci: Humor, Pembelajaran, Hasil Belajar Menyimak
Humor merupakan kejenakaan dan kelucuan yang memancing senyum serta
tawa pendengar atau orang yang melihatnya. Humor dapat dipadukan terhadap
pembelajaran yang diartikan sebagai komunikasi pendidik dengan menggunakan
sisipan kata-kata bahasa dan gambar yang mampu menggelitik siswa untuk tertawa.
Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah apakah ada pengaruh
penggunaan humor terhadap hasil belajar menyimak siswa pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Tujuan Penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh penggunaan humor terhadap hasil belajar menyimak siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa
kelas XI MAN 2 Jember. Tempat penelitian di MAN 2 Jember, pada tanggal 3 Mei
2019. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, angket, dokumentasi.
Instrumen dalam penelitian adalah pedoman wawancara, pedoman angket, penguji
validitas dan reabilitas. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis
deskriptif kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang
menggunatakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa
yang ingin kita ketahui dengan bantuan SPSS versi 21.
Hasil analisis data menunjukkan Ada pengaruh antara penggunaan humor
dalam pembelajaran terhadap hasil belajar menyimak. Hal tersebut dapat ditunjukkan
Berdasarkan nilai t, diketahui nilai t hitung sebesar 3,197 > t tabel 1.662. karena
koefisien regresi sederhana mempunyai nilai positif dan nilai signifikansi lebih kecil
dari 0,05. Untuk kontribusi pengaruh penggunaan humor dalam pembelajaran
terhadap hasil belajar yaitu sebesar 58,8%.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah adanya
pengaruh antara penggunaan humor dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap
hasil belajar menyimak siswa.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701UNSPECIFIEDSusetya, Agus Milunidn0718088602
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 02:19 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:50 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |