PENGARUH PENGGUNAAN HUMOR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK SISWA MAN 2 JEMBER

Tri Prilian, Rahma (2019) PENGARUH PENGGUNAAN HUMOR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK SISWA MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (732kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prilian Tri, Rahma. 2019. Pengaruh Penggunaan Humor Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Hasil Belajar Menyimak Siswa di MAN 2 Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Bahasa Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Hanafi, M. Pd. (2) Agus Milu Susetyo, M. Pd. Kata Kunci: Humor, Pembelajaran, Hasil Belajar Menyimak Humor merupakan kejenakaan dan kelucuan yang memancing senyum serta tawa pendengar atau orang yang melihatnya. Humor dapat dipadukan terhadap pembelajaran yang diartikan sebagai komunikasi pendidik dengan menggunakan sisipan kata-kata bahasa dan gambar yang mampu menggelitik siswa untuk tertawa. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah apakah ada pengaruh penggunaan humor terhadap hasil belajar menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan humor terhadap hasil belajar menyimak siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Jember. Tempat penelitian di MAN 2 Jember, pada tanggal 3 Mei 2019. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, angket, dokumentasi. Instrumen dalam penelitian adalah pedoman wawancara, pedoman angket, penguji validitas dan reabilitas. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunatakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil analisis data menunjukkan Ada pengaruh antara penggunaan humor dalam pembelajaran terhadap hasil belajar menyimak. Hal tersebut dapat ditunjukkan Berdasarkan nilai t, diketahui nilai t hitung sebesar 3,197 > t tabel 1.662. karena koefisien regresi sederhana mempunyai nilai positif dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Untuk kontribusi pengaruh penggunaan humor dalam pembelajaran terhadap hasil belajar yaitu sebesar 58,8%. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh antara penggunaan humor dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil belajar menyimak siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701
UNSPECIFIEDMilu Susetya, Agusnidn0718088602
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:19
Last Modified: 27 Oct 2020 02:19
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6808

Actions (login required)

View Item View Item