Peningkatan Karakter Anak Islami Dengan Menggunakan Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Paud Azzahro Wonoasri Tempurejo

Wulandari, Yuliati (2019) Peningkatan Karakter Anak Islami Dengan Menggunakan Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Paud Azzahro Wonoasri Tempurejo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
jurnal.pdf

Download (466kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (778kB)

Abstract

Pengenalan nilai karakter islami terhadap anak-anak di PAUD memiliki tujuan agar mereka kelak menjadi pribadi yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, menjadi pribadi yang memiliki karakter islami berkata santun, jujur, suka menolong sehingga kelak dimasa depan mereka akan menjadi generasi penerus bangsa yang berahlak, cerdas dan tangguh. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimana karakter anak islami dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode bercerita. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2019 di kelompok A Paud Azzahro Wonoasri Tempurejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter islami anak sudah mencapai keberhasilan. Hal ini terlihat adanya perubahan karakter anak islami dari studi pendahuluan menunjukkan nilai berkembang sesuai harapan (BSH) 46% yaitu 7 anak, mulai berkembang (MB) 20% yaitu 3 anak, belum berkembang (BB) 34% yaitu 5 anak. Pada siklus I menunjukkan nilai berkembang sesuai harapan (BSH) 60% yaitu 9 anak, mulai berkembang (MB) 20% yaitu 3 anak, belum berkembang (BB) 20% yaitu 3 anak. Pada siklus II menunjukkan nilai berkembang sesuai harapan (BSH) 80% yaitu 12 anak, mulai berkembang (MB) 20% yaitu 3 anak, belum berkembang (BB) 0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Penerapan metode bercerita mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan karakter islami siswa yang ditunjukkan dengan sikap siswa yang suka menolong teman, berkata jujur dan santun dalam berbicara.Kata Kunci: Karakter anak islami, Metode bercerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 23 Nov 2020 06:12
Last Modified: 23 Nov 2020 06:12
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7021

Actions (login required)

View Item View Item