Kinerja Parkir Dan Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Lahan Parkir Pada Stasiun Kereta Api Rambipuji (Daop Ix Jember)

Aditya Putra Vidiyanto, Fadhil (2019) Kinerja Parkir Dan Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Lahan Parkir Pada Stasiun Kereta Api Rambipuji (Daop Ix Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (449kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Prasana stasiun kereta api merupakan prasarana transportasi khusus atau dipisahkan dengan sistem jaringan transportasi darat yang lain. Jasa kereta api sangat dibutuhkan masyarakat sebagai angkutan ekonomis dibanding dengan angkutan lainnya. Stasiun Rambipuji merupakan stasiun kelas II yang termasuk dalam Daerah Operasi IX Jember. Pada stasiun kereta api dalam meningkatkan pelayanan diperlukan tata ruang atau fasilitas yang baik. Seperti ruang parkir kendaraan, ruang tunggu penumpang, gudang bongkar muat barang maupun fasilitas lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik parkir dan mengetahui kinerja pelayanan ruang parkir stasiun Rambipuji. Pada penelitian ini, untuk mengetahui karakteristik parkir pada stasiun rambipuji yaitu dengan menggunakan metode pengamatan dan analisa perhitungan, sedangkan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa lahan parkir menggunakan metode Quisioner Service Quality. Pada kedua metode ini semua memiliki porsi kepentingan tersendiri. Metode pengamatan dan analisa perhitungan digunakan untuk mengetahui seluruh karakteristik parkir yang ada pada Stasiun Rambipuji, sedangkan metode Quisioner Service Quality digunakanuntuk pengukuran presepsi penumpang pengguna jasa lahan parkir dilakukan dengan menyebarkan quisioner kepada 49 responden untuk mengetahui nilai harapan dan nilai aktual peformance yang diterima penumpang kereta api rambipuji. Dari hasil analisa perhitungan, di ketahui nilai DS 2018 jalan darmawangsa yaitu sebesar 0,1907520 smp/jam dan masuk pada tingkat pelayanan A, sedangkan DS 2023 sebesar 0,24341919742 smp/jam dan masuk pada tingkat pelayanan B. Kebutuhan ruang parkir berdasarkan kapasitas statis yaitu R2 38 SRP dan R4 14 SRP. Rata-rata harapan penumpang pengguna lahan parkir yaitu sebesar 4,144 dengan nilai rata-rata aktual penumpang pengguna lahan parkir yaitu 2,960. Kualitas yang ada pada indikator yang ada pada Quisioner tidak ada yang lebih dari nilai 1 itu menandakan semua indikator memiliki kualitas yang buru. Pada uji hipotesis yang menggunakan uji z secara keseluruhan indikator masuk dalam kategori berbeda nyata dengan Z tabel 5% atau 1,96 dan 1% atau 2,57. Kata Kunci : ruang parkir, karakteristik lahan parkir, kepuasan pengguna lahan parkir, kebutuhan ruang parkir, stasiun rambipuji, uji z.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:45
Last Modified: 14 Dec 2020 03:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7318

Actions (login required)

View Item View Item