Hubungan Motivasi Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah Bondowoso

Widodo, Hengki Tri (2018) Hubungan Motivasi Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (455kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
13 abstrak.pdf

Download (170kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (724kB)

Abstract

Kata Kunci :Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Siswa Masalah yang paling penting dalam pendidikan dan paling mendapat sorotan tajam dari masyarakat adalah masalah prestasi belajar siswa, terutama yang berkaitan dengan rendahnya kualitas lulusan.Prestasi belajar dari satu siswa dengan siswa yang lain tampak berbeda, karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah Motivasi belajar dan Lingkungan Sekolah, kemudian masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besarkah hubungan antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Bondowoso. Hipotesis penelitian yaitu adanya hubungan yang kuat antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhamadiyah Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rumus Korelasi berganda yaitu menghubungkan 2 variabel bebas terhadap 1 variabel terikat dengan bantuan SPSS versi 21, metode yang digunakan dengan mengisi angket (kuesioner) menggunakan skala linkert 1 – 5. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Bondowoso pada tanggal 9, 14, 22 Mei dan 16 juli 2018 dengan jumlah responden 83 siswa dengan r-tabel sebesar 0,286 dan margin eror 1%. Berdasarkan hasil penelitian besaran hubungan yang dihitung secara simultan variabel Motivasi belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap variabel Prestasi Belajar sebesar 0,428 hubungan ini masuk dalam kategori Sedang karena berada pada interval 0.40 – 0.599, hal ini tidak selaras dengan hipotesis dimana hipotesisnya adalah ada hubungan yang kuat sedangkan kenyataan dilapangan hubungannya hanya rendah dan sedang. Yang menjadi penghalang melemahnya hubungan antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa adalah kurangnya minat terhadap berbagai macam masalah belajar dan hubungan antar siswa. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, hubungan tersebut akan kuat jika kurangnya minat terhadap berbagai macam masalah belajar dan hubungan antar siswa dapat di tumbuhkan dan dikelola dengan baik dan akan melemah jika kurangnya minat terhadap berbagai macam masalah belajar dan hubungan antar siswa tidak ditumbuhkan dan tidak dikelola

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:20
Last Modified: 16 Dec 2020 04:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7414

Actions (login required)

View Item View Item