Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Adi Purwasono, Muhammad (2018) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel Skripsi Adi.pdf

Download (726kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan baca tulis Al-Qur’an merupakan kegiatan yang bertujuan mengajarakan kepada siswa agar mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dan mencintai Al-Qur’an. Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI No: Dj.I/12A Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam, kemudian dibentuk kurikulum Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an yang bertujuan membantu peserta didik untuk mengenal, membaca, dan menulis Al-Quran, memperdalam dan meningkatkan pengetahuan siswa dalam keterampilan Baca Tulis Al-Quran, serta memberikan motivasi kepada peserta didik agar cinta terhadap Al-Qur’an. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an Terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember dengan jumlah responden 114 siswa, dan diambil sampel sebanyak 88 siswa menggunakan teknik slovin. Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Arikunto (2014:61). Analisis hasil penelitian ini menggunakan Program Microsoft Excel 2007 dan IMB SPSS Statistic’s 21 dengan rumus regresi linier sederhana. Instumen pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner dengan jumlah pertanyaan masing-masing variabel 10 butir pertanyaan dan telah di uji hasil validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan apabila nilai Sig < α sebesar 0.05 maka Hο ditolak dan Ha diterima artinya pasangan data antar variabel signifikan. Namun nilai Sig > α sebesar 5% atau 0.05 maka Hο diterima dan Ha ditolak artinya pasangan data antar variabel tidak signifikan. Nilai Sig pada tabel ANOVA sebesar 0,032, maka berdasarkan nilai probabilitas Sig 0,032 < α sebesar 0.05. Maka berdasarkan data tersebut Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini membuktikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an mempunyai nilai signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Dengan demikian kesimpulan yang dapat diambil adalah kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Dengan perhitungan korelasi sebesar 0,229 atau 22,9%, dengan tingkat korelasi rendah. Maka dari itu disarankan kepada lembaga pendidikan maupun tenaga pendidik hendaknya berupaya dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an agar kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:03
Last Modified: 25 May 2021 05:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7420

Actions (login required)

View Item View Item