Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kedisiplinan Dan Moralitas Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Jember

Ulum, Muhammad Bahrul (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kedisiplinan Dan Moralitas Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (220kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (843kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci:Peran Guru, Kedisiplinan dan Moralitas Siswa Kedisiplinan tidak terlepas dari peran guru, terutama adalah guru agama Islam dalam membina kedisiplinan dan moralitas siswa, tentunya diperlukan peran yang tepat dan sesuai dengan kondisi siswa yang dibimbingnya. Pembinaan yang dilakukan oleh guru agama dalam meningkatkan kedisiplinan dan moralitas siswa ini sangatlah penting, karena melihat sikap siswa yang kurang disiplin dan sopan saat di sekolah maupun diluar sekolah. Kedisiplinan dan moral siswa yang diharapkan menjadi solusi dalam membentuk karakter siswa menjadi lebih baik, memiliki prestasi yang unggul dan berkarakter. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan agama Islam terhadap kedisiplinan dan moralitas siswa di SMP Muhammadiyah 1 Jember? hambatan-hambatan peran yang dihadapi guru pendidikan agama islam terhadap kedisiplinan dan moralitas siswa di SMP Muhammadiyah 1 Jember? solusi yang dilakukanoleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan-hambatan yang berkaitan dengan peningkatan Kedisiplinan Dan Moralitas di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pendidikan kedisiplinan dan moral siswa di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu menguraikan tentang peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Dan Moralitas siswa di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Sumber data penelitian ini ada dua macam yakni data primer adalah sumber data yang langsung dari lapangan penelitian, dan data sekunder adalah sumber data mendukung yang bersumber dari literatur- literatur. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tiga metode, yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan, kemudian menjelaskan seluruh permasalahan secara tegas dan sejelas-jelasnya. Selanjutnya dari uraian permasalahan ditarik kesimpulan pernyataan-pernyaaan dari umum kekhusus, sehingga penyajian penelitian ini dapat dipahami dengan mudah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hasil menunjukkan: 1) peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Dan Moralitas siswa yaitu a) guru sebagai pendidik, b) guru sebagai teladan, c) pendidikan dengan nasihat dan hukuman. 2) hambatan-hambatan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Dan Moralitas siswa yaitu: a) lingkungan siswa, b) kurngnya pendidikan dan pengawasan orang tua. 3) solusi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Dan Moralitas siswa yaitu: a) pendekatan dengan siswa, b) selalu berkomunikasi dan bekerjasama dengan orang tua dalam mengawasi, mendidik dan membina siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:10
Last Modified: 25 May 2021 05:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7421

Actions (login required)

View Item View Item