Impression Management Pengguna Aplikasi Tik Tok (Analisis Dramaturgi Erving Goffman Bagi Siswa SMA/SMK di Kecamatan Ambulu)

Shofiana, Riza Ayu (2018) Impression Management Pengguna Aplikasi Tik Tok (Analisis Dramaturgi Erving Goffman Bagi Siswa SMA/SMK di Kecamatan Ambulu). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (426kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (643kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Impression Management, Aplikasi Tik Tok, Analisis Dramaturgi Erving Goffman Penelitian ini membahas impression management atau pengelolaan kesan pengguna aplikasi Tik Tok dengan menggunakan analisis dramaturgi Erving Goffman bagi siswa SMA/SMK di Kecamatan Ambulu, tahun 2018. Dimana seiring pesatnya teknologi komunikasi maka semakin banyak pula informasi yang tersebar. Kegunaan media sosial semakin beralih menjadi media untuk meningkatkan eksistensi diri penggunanya. Dengan menunjukkan penampilannya, busana, maupun gaya berbicaranya untuk menunjukkan kepada khalayak tentang dirinya. Tik Tok menjadi aplikasi yang menarik banyak penggunanya untuk mengeksplor diri dengan menampilkan dirinya di dalam video berdurasi lima belas detik dengan menampilkan beberapa pertunjukan yakni menirukan akting, lipsinc lagu favorit maupun melakukan dubbing. Aplikasi yang viral di kalangan berbagai usia ini menarik perhatian dari berbagai aspek ilmu sosial terutama dari segi impression management diri penggunanya. Dalam penelitian ini peneliti bermaksud mendeskripsikan pengelolaan kesan siswa pengguna Tik Tok dengan menggunakan analisis dramaturgi yakni dengan menggunakan dua wilayah yaitu panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage). Yang mana kedua wilayah tersebut saling berbatasan antara kehidupan di dunia maya saat pengguna membuat video dan dengan kehidupan dunia nyata saat mereka menjadi siswa dan menjadi diri apa adanya. Dan impression management (pengelolaan kesan) yang dilakukan oleh siswa sekolah menengah atas adalah sebatas ingin mendapatkan penilaian baik dari publik, khususnya pada video Tik Tok yang dibuatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 320 Political dan Government Science
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Department: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDJuariyah, Juariyahnidn1410521023
Date Deposited: 28 Dec 2020 06:14
Last Modified: 28 Dec 2020 06:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7522

Actions (login required)

View Item View Item