PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTSN 5 JEMBER

Hikmah, Lailatul (2018) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTSN 5 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel .pdf

Download (608kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB V1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Teknik 3M, Menulis, Berita, Pembelajaran, Pengaruh Teknik 3M merupakan singkatan dari mengamati, meniru, dan menambahi. Dengan adanya teknik 3M ini dapat mempermudah siswa untuk menguasai dalam menulis teks berita dengan mudah, sehingga dalam pembelajaran Bahasa Indonesis yaitu materi menulis teks berita siswa tidak mendapatkan kesulitan dalam menulis teks berita. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka penulis: Penggunaan Teknik Pembelajaran 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Pada Siswa kelas VIII MTSN 5 Jember. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sasaran pada penelitian ini siswa-siswi kelasa VIII MTs Negeri 5 Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengunakan uji t-test. Analisis data adalah mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, dan menguji hipotesis yang telah diajukan. Hasil uji Mann Whitney dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat diketahu bahwa bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa “Ha” diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada pengaruh terhadap penerapan teknik 3M terhadap peningkatan menulis puisi pada siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah Dengan adanya teknik ini dapat mempermudah siswa untuk menguasai dan menulis teks berita dengan mudah, sehingga dalam pembelajaran Bahasa Indonesis yaitu materi menulis teks berita siswa tidak mendapatkan kesulitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIED-, -nidn#
Date Deposited: 05 Jan 2021 01:25
Last Modified: 05 Jan 2021 01:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7627

Actions (login required)

View Item View Item