PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTSN 5 JEMBER
Hikmah, Lailatul (2018) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTSN 5 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel .pdf Download (608kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (383kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
Text
BAB V1.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci: Teknik 3M, Menulis, Berita, Pembelajaran, Pengaruh
Teknik 3M merupakan singkatan dari mengamati, meniru, dan
menambahi. Dengan adanya teknik 3M ini dapat mempermudah siswa untuk
menguasai dalam menulis teks berita dengan mudah, sehingga dalam
pembelajaran Bahasa Indonesis yaitu materi menulis teks berita siswa tidak
mendapatkan kesulitan dalam menulis teks berita.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka
penulis: Penggunaan Teknik Pembelajaran 3M (Mengamati, Meniru, dan
Menambahi) dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Pada Siswa kelas VIII
MTSN 5 Jember.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sasaran pada penelitian ini siswa-siswi
kelasa VIII MTs Negeri 5 Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
yaitu berupa tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengunakan
uji t-test. Analisis data adalah mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis
responden, dan menguji hipotesis yang telah diajukan.
Hasil uji Mann Whitney dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat
diketahu bahwa bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari
nilai probabilitas 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa “Ha” diterima.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada pengaruh terhadap penerapan teknik
3M terhadap peningkatan menulis puisi pada siswa kelas VIII.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah Dengan
adanya teknik ini dapat mempermudah siswa untuk menguasai dan menulis teks
berita dengan mudah, sehingga dalam pembelajaran Bahasa Indonesis yaitu materi
menulis teks berita siswa tidak mendapatkan kesulitan.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIED-, -nidn#
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 01:25 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 01:25 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7627 |
Actions (login required)
View Item |