Lina Madarina, Hany (2018) UNSUR-UNSUR BAHASA PERSUASIF DALAM IKLAN KARTU TELEPON SELULAR DI YOUTUBE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel.pdf Download (250kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text
01. COVER.pdf Download (105kB) |
|
Text
02. PENDAHULUAN.pdf Download (461kB) |
|
Text
03. DAFTAR RUJKAN.pdf Download (188kB) |
|
Text
01. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (179kB) |
|
Text
02. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
|
Text
03. BAB III METODE PENELITAIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
|
Text
04. BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
Text
05. BAB V PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
06. BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (489kB) |
Abstract
Kata kunci: Persuasif, Iklan, Kartu Telepon Selular Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana wujud unsure persuasif dalam iklan kartu telepon selular yang tayang di youtube. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk Untuk mendeskripsikan unsur-unsur persuasif yang terkandung dalam iklan kartu telepon selular agar menarik perhatian dan daya beli masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Objek pada penelitian ini yaitu berupa video iklan kartu telepon selular yang tayang di youtube. Alasan penulis memilih penelitian ini karena peneliti tertarik dengan unsure persuasive yang ada di kartu telepon selular yang sudah tidak asing bagi masyarakat saat ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik simak dan catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen kunci, dan instrumen kunci berupa tabulasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis data dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) peneliti melihat iklan kartu telepon selular di televisi, (2) peneliti meninjau kembali iklan tersebut di youtube karena mudah dan dapat dilihat berulang-ulang, (3) peneliti mengamati unsure-unsur persuasif yang menarik dalam iklan tersebut, (4) peneliti mengklasifikasikan data khususnya unsure-unsur yang ada dalam iklan tersebut untuk diteliti lebih mendalam dari segi makna, arti kata dalam iklan, dan (5) peneliti menyimpulkan hasil penelitian atau hasil temuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa unsur-unsur persuasif yang terkandung dalam iklan kartu telepon selular agar dapat menarik daya beli masyarakat ada 3 unsur yang harus di perhatikan adalah (1) Memliki moto (2) Memiliki data atau fakta, (3) Memiliki keunggulan. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 3 hal yang ada dalam unsur persuasif iklan kartu telepon selular yang ada di youtube antara lain (1) Memliki moto (2) Memiliki data atau fakta, (3) Memiliki keunggulan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2021 01:14 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jan 2021 01:14 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7706 |
Actions (login required)
View Item |