PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS VIII B SMPN 4 SILIRAGUNG BANYUWANGI
Lestari, Puji (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS VIII B SMPN 4 SILIRAGUNG BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (410kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Pantun, Metode STAD
Menulis merupakan kegiatan untuk menyatakan pikiran, perasaan
pendapat dalam bahasa tulis sehingga dapat dipahami oleh pembaca. Untuk dapat
menulis dengan baik dibutuhkan keterampilan menulis. Keterampilan ini juga
tidak dapat dikuasai hanya melalui pemaparan teori. Sesesorang bisa terampil
menulis jika sejak kecil dibiasakan berlatih dan praktek dengan sungguh-sungguh
.berkiatan dengan pantun seseorang akan terampil menulis pantun jika terbiasa
praktek dan berlatih sejak kecil.Permasalahaan yang timbul dalam pembelajaran
menulis pantun dapat disiasati menggunakan metode pembelajaran berupa STAD.
Metode ini digunakan dalam pembelajaran menulis pantun mampu membuat
siswa lebih memusatkan perhatian dan tidak merasa jenuh selama pembelajaran
berlangsung.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sasaran pada
penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 4 Siliragung Banyuwangi. Tempat
penelitian ini di SMPN 4 Siliragung Banyuwangi. Teknik Pengumpulan data
adalah teknik tes, observasi, dan wawancara. Intrumen penelitian ini berupa Tes
dengan soal-soal uraian.Hasil penelitian ini terdapat dua siklus dimana setiap
siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Kriteria kekuksesan
pada penelitian ini menggunakan kriteria kesuksesan untuk mengetahui tingkat
keberhasilan siswa melalui metode STAD. Dalam Penelitian Tindakan Kelas dari
jumlah siswa secara keseluruhan 100% memperoleh >70 dapat dikategorikan
tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan penelitian ini adalah Metode STAD
dapat meningkatkan Menulis Pantun siswa Kelas VIII B SMPN 4 Siliragung
Banyuwangi. Hal ini dibuktikan bahwa pada hasil prasiklus berjumlah 48%, siklus
I berjumlah 50% sedangkan siklus II berjumlah 74%.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701UNSPECIFIEDDzarna, Dzarnanidn0701028802
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 02:20 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 02:20 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |