Perbandingan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) dan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII MTs Al-Badri Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018-2019

Riza, Ainur (2018) Perbandingan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) dan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII MTs Al-Badri Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL AINUR.pdf

Download (353kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB I FIXx.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB II FIXx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III FIXx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV FIXx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB V FIXx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB VI FIXx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah siswa malas membaca; siswa jarang mengerjakan latihan soal; siswa malas bertanya pada saat proses pembelajaran; ketika guru meminta siswa menyampaikan pendapat tentang suatu materi, sangat jarang ada siswa yang mau berpendapat; siswa memahami materi terlalu berpacu pada hafalan rumus-rumus bukan dengan apa yang ia pahami, serta kegiatan belajar mengajar dikelas terlalu berpusat pada guru. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)? (2) Pemahaman konsep dan hasil belajar manakah yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)?. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Badri Kalisat Jember dengan populasi siswa kelas VII dan sampel siswa kelas VII B dan VII C. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan hasil penilaian pemahaman konsep siswa dengan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 77,13 sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 69,84 dan nilai thitung > ttabel yaitu 2,624 > 1,669. Pada pengujian hasil belajar siswa untuk data pretest diperoleh nilai Z_hitung=-0,911 <Z_tabel=1,960, sedangkan pengujian hasil belajar siswa untuk data posttest diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,624 > 1,997 dan nilai signifikan < α yaitu 0,011 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), serta pemahaman konsep dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran SQ3R lebih baik di bandingkan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Kata Kunci : Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review), Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Pemahaman Konsep, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDJatmikowati, Tri Endangnidn0029125901
UNSPECIFIEDGalatea, Chusnul Khotimahnidn0729018802
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:13
Last Modified: 11 Jan 2021 03:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7760

Actions (login required)

View Item View Item