Riza, Ainur (2018) Perbandingan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) dan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII MTs Al-Badri Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL AINUR.pdf Download (353kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (894kB) |
|
Text
BAB I FIXx.pdf Download (495kB) |
|
Text
BAB II FIXx.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
Text
BAB III FIXx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV FIXx.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
|
Text
BAB V FIXx.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
Text
BAB VI FIXx.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah siswa malas membaca; siswa jarang mengerjakan latihan soal; siswa malas bertanya pada saat proses pembelajaran; ketika guru meminta siswa menyampaikan pendapat tentang suatu materi, sangat jarang ada siswa yang mau berpendapat; siswa memahami materi terlalu berpacu pada hafalan rumus-rumus bukan dengan apa yang ia pahami, serta kegiatan belajar mengajar dikelas terlalu berpusat pada guru. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)? (2) Pemahaman konsep dan hasil belajar manakah yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)?. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Badri Kalisat Jember dengan populasi siswa kelas VII dan sampel siswa kelas VII B dan VII C. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan hasil penilaian pemahaman konsep siswa dengan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 77,13 sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 69,84 dan nilai thitung > ttabel yaitu 2,624 > 1,669. Pada pengujian hasil belajar siswa untuk data pretest diperoleh nilai Z_hitung=-0,911 <Z_tabel=1,960, sedangkan pengujian hasil belajar siswa untuk data posttest diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,624 > 1,997 dan nilai signifikan < α yaitu 0,011 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), serta pemahaman konsep dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran SQ3R lebih baik di bandingkan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Kata Kunci : Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review), Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Pemahaman Konsep, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2021 03:13 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2021 03:13 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7760 |
Actions (login required)
View Item |