Laela, Nurul Maal (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Prediction Observation Explanation (Poe) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang Di Smpn 2 Kalibaru Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
artikel.pdf Download (284kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (300kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penilitian ini diantaranya adalah siswa kesulitan pada saat mengerjakan suatu permasalahan yang diberikan oleh guru, kemudian siswa belum pernah mengamati secara langsung permasalahan yang diberikan, dan ada lima siwa yang kesulitan dalam menjelaskan dari permasalahan yang diberikan oleh guru tersebut. Hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran masih terpusat pada guru dimana siswa hanya mendengarkan dan tidak terlibat secara langsung pada saat proses pembelajaran, sehingga aktivitas belajar siswa kurang. Hal ini berpengaruh juga terhadap hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM yaitu 75. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Prediction Observation Explanation (POE) terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kalibaru tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Prediction Observation Explanation (POE) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Kalibaru tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data diantaranya, yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh aktivitas siswa pada kelas eksperimen meningkat selama diterapkannya model pembelajaran Prediction Observation Explanation (POE). Dimana pada pertemuan pertama presentase aktivitas belajar siswa sebesar 68,76% dan di pertemuan kedua meningkat menjadi 77,47% maka dikategorikan siswa aktif pada saat proses pembelajaran sedangkan pada kelas kontrol yang diterapkan metode ceramah pada pertemuan pertama presentase aktivitas belajar siswa sebesar 62,28% dan di pertemuan kedua sebesar 65,71% maka dikategorikan siswa cukup aktif pada saat proses pembelajaran maka dapat dikatakan ada pengaruh model Prediction Observation Explanation (POE) terhadap aktivitas belajar siswa karena rata-ratanya lebih besar kelas eksperimen daripada kelas kontrol . Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada pada kelas eksperimen yaitu 80,50 dan kelas kontrol 68,09 Setelah melakukan uji-t diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 < (0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation) terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Prediction Observation Explanation (POE), aktivitas, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2021 04:03 | |||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2021 04:03 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7841 |
Actions (login required)
View Item |