MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENGENALAN KONSEP WAKTU USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI SEKOLAH LABORATORIUM PAUD YASMIN UM JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018
Rohmanniah Nur, Elmy Zuhairoh (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENGENALAN KONSEP WAKTU USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI SEKOLAH LABORATORIUM PAUD YASMIN UM JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
Artikel.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
10. Daftar Rujukan.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
![]() |
Text
a. Matrik.pdf Download (245kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kreativitas, pengenalan konsep waktu
Kreativitas adalah salah satu potensi yang dimiliki setiap anak, meskipun
kadar kreativitas seorang anak berbeda-beda. Kreativitas bermula dari pemikiranpemikiran
yang
nantinya
dapat
menjadi
sesuatu
yang
dapat
dilihat,
dirasa,
didengar,
dicium
atau
dilihat.
Pengenalan
konsep
waktu
pada
anak
usia
dini
dapat
menjadi
salah
satu
cara
untuk
meningkatkan
kreativitas
anak.
untuk
mengenalkan
konsep
waktu
pada
anak,
anak
harus
memiliki
kemampuan
awal
yakni
membilang
dan
menjumlah.
Pada
anak
kelompok
B
Sekolah
Laboratorium
PAUD
Yasmin
UM
Jember,
anak
telah
mampu
membilang
dan
menjumlah
sampai
20.
Namun
anak
kelompok
B
masih
belum
mengenal
waktu
secara
mendalam
sehingga
anak
masih
belum
mampu
merekayasa
waktu
untuk
aktivitas
sehari-hari.
Penelitian
ini
menggunakan
penelitian
tindakan
kelas
yang
dilaksanakan
dalam 3 siklus. Kriteria kesuksesan pada penelitian ini adalah 90% dari 17 anak
yang muncul potensi kreatifnya.
Pada pra siklus kemampuan anak tentang konsep waktu masih sangatlah
minim. Setelah diadakan siklus I, kreativitas anak mulai muncul namun belum
merata. Maka peneliti melanjutkan sampai siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil
prosentase kemunculan kreativitas anak 86%. Berdasarkan hasil siklus II yang
masih belum mencapai kriteria kesuksesan, maka peneliti menambahkan satu
siklus tambahan. Pada akhir siklus III, kemampuan kreativitas anak mulai merata
hingga mencapai 95 %. Berdasarkan hasil dari penelitian, maka dapat diketahui
bahwa pengenalan konsep waktu dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6
tahun kelompok B di Sekolah Laboratorium PAUD Yasmin UM Jember Tahun
ajaran 2017/2018.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDLaksmi Wardhani, Wahju Dyahnidn#UNSPECIFIEDPratiwi, Eriqanidn#
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 02:19 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 02:19 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |