Hermawan, Inggit Dwi (2020) Respon Petani Terhadap Perilaku Konsumen Pisang (Musa parasidica L.) Di Pasar Tradisional Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
a. Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (414kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (472kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text
h. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) | Request a copy |
|
Text
i. BAB_VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
|
Text
l. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
m. Jurnal- Artikel.pdf Download (944kB) |
Abstract
Respon petani merupakan sikap petani ketika telah mengetahui dan memahami penilaian konsumen terhadap pembelian, dan kepuasaan dalam mengkonsumsi pisang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perilaku konsumen dalam membeli pisang, (2) mengetahui respon petani terhadap perilaku konsumen, dan (3) mengetahui strategi petani dalam meningkatkan permintaan pisang. Penelitian menggunakan metode deskriptif, kuantitatif, dan survei dengan pemilihan daerah dilakukan secara sengaja (purposive method), terpilih Kecamatan Senduro, Pasrujambe, dan Tempursari Kabupaten Lumajang. Dengan pertimbangan bahwa di tiga kecamatan tersebut merupakan penghasil pisang tertinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan sampel dilakukan secara proportionate stratified random sampling sebanyak 53 responden petani, convenience sampling sebanyak 30 konsumen dan empat responden expret yang terdiri satu konsumen, dua petani dan instansi, yaitu Dinas Pertania Kabupaten Lumajang. Metode analisis data menggunakan analisis model Fishbein, analisis deskriptif pendekatan skala likert dan analisis Force Field Analysis (FFA). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) hasil analisis Fishbein perilaku konsumen dalam membeli pisang menunjukkan skor (4) kemungkinan iya akan membeli pisang kembali (2) hasil analisis deskriptif pendekatan skala likert tergolong sangat kuat dengan nilai skor 67,08 dari skor maksimal 75. (3) strategi petani dalam meningkatkan permintaan pisang yakni a) mengatur waktu tanam pada bulan yang berbeda. (b) menanam berbagai jenis pisang sebagai upaya untuk memenuhi berbagai macam selera konsumen. (c) mengikuti penyuluhan dari PPL. (d) memanfaatkan agropolitan sebagai sarana pemasaran. Kata kunci: pisang, perilaku konsumen, respon petani dan strategi permintaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pisang, perilaku konsumen, respon petani dan strategi permintaan. | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming | |||||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) | |||||||||
Department: | S1 Agribisnis | |||||||||
Depositing User: | Inggit Dwi Hermawan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | hermawandwiinggit@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2021 01:12 | |||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2021 01:15 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8515 |
Actions (login required)
View Item |