PENERAPAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS NUR IBRAHIMY ENOMAN
VICA, VICA ZIARA PUTRY CUT (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS NUR IBRAHIMY ENOMAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan akademik terhadap kurang optimalnya pemahaman siswa dalam pembelajaran Fiqih, khususnya pada tingkat Madrasah Tsanawiyah. Di tengah tuntutan kurikulum yang mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman mendalam, masih ditemukan pembelajaran yang belum sepenuhnya melibatkan siswa dalam proses berpikir kritis, kreatif, dan sistematis. Kondisi ini menjadi dasar dilakukannya penelitian untuk mencari metode yang tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga membangun keterlibatan kognitif dan afektif siswa. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Mind Mapping dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Nur Ibrahimy, Situbondo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan guru mata pelajaran Fiqih dan siswa kelas VIII. Melalui proses pembelajaran selama 31 pertemuan, metode Mind Mapping diterapkan secara bertahap, dimulai dari pemberian contoh oleh guru hingga penyusunan mandiri oleh siswa. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber. Data yang terkumpul meliputi hasil observasi kelas, dokumentasi pembelajaran, serta nilai ulangan harian siswa (NUH 1, 2, dan 3).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping berdampak positif terhadap peningkatan pemahaman kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam mengorganisasi dan menjelaskan materi secara sistematis, serta adanya tren kenaikan nilai rata-rata siswa dalam ulangan harian. Dari sisi afektif, siswa menunjukkan peningkatan dalam antusiasme belajar, kedisiplinan, rasa tanggung jawab, kepercayaan diri, dan sikap empati. Temuan ini menegaskan bahwa Mind Mapping tidak hanya efektif secara teori, tetapi juga aplikatif dalam praktik pembelajaran Fiqih. Metode ini memberikan alternatif strategis bagi guru dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, bermakna, dan menyenangkan, serta berkontribusi pada pengembangan karakter siswa sesuai nilai-nilai pendidikan agama Islam
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSOFYAN, ROFINIDN070602 7901UNSPECIFIEDHUDA, HAIRULNIDN072001 8902
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kata Kunci : Mind Mapping, Pemahaman Siswa, Pembelajaran fiqih |
Subjects: | 200 Religious > 210 Philosophy and Theory of Religion > 215 Science & Religion |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Cut Vica Ziara Putry | cutvica18@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:59 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 01:59 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |