PENERAPAN SEQUENCE OF SERVICE PADA SAAT BREAKFAST OLEH WAITER DAN WAITRESS PADA ANDROWINO BISTRO RESTAURANT DI SHERATON MUSTIKA RESORT AND SPA YOGYAKARTA

Mahtumah, Ike Sri (2018) PENERAPAN SEQUENCE OF SERVICE PADA SAAT BREAKFAST OLEH WAITER DAN WAITRESS PADA ANDROWINO BISTRO RESTAURANT DI SHERATON MUSTIKA RESORT AND SPA YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (428kB)
[img] Text
ABSTRAK daftar isi.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II new ik..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III new ik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV new OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA. (1).pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Judul dari laporan ini adalah “Penerapan Squence of Service pada saat Breakfast oleh Waiter dan Waitress pada Androwino Bistro Restaurant di Sheraton Mustika Resort and Spa Yogyakarta”. Latar belakang penelitian ini adalah sequence of service yang diterapkan pada Androwino Bistro Restaurant oleh waiter dan waitress. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui bagaimana penerapan squence of service pada saat breakfast oleh waiter dan waitress pada Androwino Bistro Restaurant di Sheraton Mustika Resort And Spa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mana menggunakan analisa deskriptif dan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan teknik wawancara, metode observasi, metode kepustakaan. Di Androwino Bistro Restaurant waiter dan waitess memiliki tugas yang cukup kompleks pada saat operasional breakfast berlangsung, salah satunya adalah buffet breakfast. Pelayanan buffet breakfast adalah pelayanan yang efisien dan cepat untuk tamu yang akan segera memulai aktifitasnya. Pelayanan ini juga memiliki tahapan-tahapan pelayanan atau bisa disebut sequence of service. Pelayanan buffet breakfast sejauh ini sudah berjalan dengan baik. Namun, ada beberapa indikator yang menghambat dalam operasionalnya Seperti: Kurangnya staf yang membuat sequence of service tidak berjalan dengan baik. Dari hal tersebut membuat ketidaksesuaian antara sequence of service yang ada dengan apa yang diterapkan oleh waiter dan waitress yang dapat menimbulkan adanya tamu komplain. Namun hal tersbut telah mendapatkan solusi yaitu manager, spervisor dan captain turun langsung meringankan operasionl restoran ketika restoran sedang ramai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 640 Household Management and Personal Life > 647 Management Housekeeping
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Tourism (D3)
Department: D3 Perhotelan
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDTjayadhi, Bagus Indranidn#
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:44
Last Modified: 02 Jun 2021 01:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10031

Actions (login required)

View Item View Item