EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH PINGGIRAN SMPN 4 SILO JEMBER

Moh Sukris Budiantoro, Sukris (2021) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH PINGGIRAN SMPN 4 SILO JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
pendahuluan oke.pdf

Download (709kB)
[img] Text
abstrak fix.pdf

Download (447kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (524kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
dapus.pdf

Download (512kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text
artikel skripsi moh sukris.pdf

Download (657kB)

Abstract

Saat ini di Indonesia, untuk mengatasi penyebaran virus yang sangat cepat ini pemerintah menghimbau masyarakat untuk menerapkan pembatasan sosial skala besar (PSSB), social distancing dan diam dirumah saja. Peraturan pemerintah ini berdampak dalam berbagai sektor diantaranya sektor ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Dalam dunia pendidikan sendiri pemerintah menerapkan aturan sekolah-sekolah ditutup sementara dan pembelajaran dilakukan secara daring dirumah. Pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah tentu memiliki problem tersendiri,. Jika disekolah perkotaan pembelajaran daring atau pembelajaran memanfaatkan teknologi sudah biasa dilakukan di sekolah, berbeda dengan sekolah-sekolah pinggiran yang baru pertama kali menerapkan pembelajaran daring. Berdasarkan uraian diatas peneliti tertarik untuk melakukan pennelitian tentang efektifitas pembelajaran daring di sekolah pinggiran SMPN 4 Silo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VIII disekolah pinggiran SMPN 4 Silo Jember. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil data di SMPN 4 Silo. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber terdiri dari kepala SMPN 4 Silo, guru mata pelajaran pendidikan agama islam dan siswa kelas VIII. Analisis pengujian data menggunakan triagulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kehadiran siswa pada saat pembelajaran daring yaitu 50-60% dari total siswa. Pengumpulan tugas sebagian besar tidak tepat waktu. dan siswa kesulitan memahami materi pembelajaran daring. Adapun beberapa kelemahan dalam pembelajaran daring antara lain : 1). Kesulitan akses sinyal internet, 2) Guru tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan siswa, 3) menambah beban orang tua. Dengan demikian pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas VIII di sekolah pinggiran SMPN 4 Silo jember kurang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pembelajaran Daring, PAI
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Budiantoro Moh. Sukris
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorrofi, sofyannidn0705078402
Thesis advisorputra, dhian wahananidn0729108601
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contact Email Address: sukrisbudiantoro241@gmail.com
Date Deposited: 26 Aug 2021 00:53
Last Modified: 26 Aug 2021 01:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11866

Actions (login required)

View Item View Item