Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horray Berbasis Praktikum terhadap Hasil Belajar Siswa

Arief Wicaksono, Achmad (2016) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horray Berbasis Praktikum terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran course review horray berbasis praktikum dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A di SMP PGRI Mumbulsari pada materi ekosistem. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP PGRI Mumbulsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan antara 2 siklus. Dilaksanakan pada tanggal 2 Mei sampai 19 Mei 2016. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan anatara 2 siklus. Siklus 1 mencapai 75% dan siklus II mencapai 87% dengan peningkatan sebesar 12%. Ranah afektif siklus I mencapai 78,2% dan siklus II mencapai 83,6% dengan peningkatan sebesar 5,4%. Sedangkan ranah psikomotor siklus I mencapai 79,4% dan siklus II mencapai 84,1% dengan peningkatan sebesar 4,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran course review horray berbasis praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada materi Ekosistem.

Item Type: Article
Additional Information: Achmad Arief Wicaksono (1210211026)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horray, Praktikum, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 01:47
Last Modified: 03 May 2019 01:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item