Pengembangan LKS Berorientasi Active Learning Untuk SMP Kelas Vii Pokok Bahasan Ekosistem

Diyah Jayanti, Heni (2016) Pengembangan LKS Berorientasi Active Learning Untuk SMP Kelas Vii Pokok Bahasan Ekosistem. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian pengembangan ini adalah memvalidasi, mengetahui keterbacaan dan tingkat kesulitan, serta respon siswa terhadap LKS berorientasi active learning untuk kelas VII pada pokok bahasan Ekosistem. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan IDI (Intructional Development Institute) yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu penentuan (define), pengembangan (develop) and evaluasi (evaluate). Penilaian uji validasi Para ahli dilakukan oleh ahli pengembangan bahan ajar, ahli materi, dan ahli pengguna, sedangkan uji coba terbatas pada siswa sebanyak 10 orang siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Bondowoso. Hasil analisis skor rata-rata penilaian para ahli diperoleh rata-rata 4,32 dengan kriteria valid dan ahli pengguna diperoleh nilai rata-rata 4,11 dengan kriteria valid. Berdasarkan kriteria kevalidan menunjukkan bahwa LKS yang dihasilkan memiliki interpretasi valid dan sangat valid serta dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan menunjukkan bahwa LKS tersebut mudah terbaca dengan baik, serta respon siswa yang memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan lebih dari 80%.

Item Type: Article
Additional Information: Heni Diyah Jayanti (1210211044)
Uncontrolled Keywords: LKS, Active Learning, Ekosistem.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 02:13
Last Modified: 03 May 2019 02:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item