Pengembangan LKS Berorientasi Active Learning Untuk SMP Kelas Vii Pokok Bahasan Ekosistem



Diyah Jayanti, Heni (2016) Pengembangan LKS Berorientasi Active Learning Untuk SMP Kelas Vii Pokok Bahasan Ekosistem. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of artikel.pdf]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan.pdf] Text
Pendahuluan.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Rujukan.pdf] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[thumbnail of Lampiran 1.pdf] Text
Lampiran 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[thumbnail of Lampiran 2.pdf] Text
Lampiran 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[thumbnail of Lampiran 3.pdf] Text
Lampiran 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah memvalidasi, mengetahui keterbacaan dan tingkat kesulitan, serta respon siswa terhadap LKS berorientasi active learning untuk kelas VII pada pokok bahasan Ekosistem. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan IDI (Intructional Development Institute) yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu penentuan (define), pengembangan (develop) and evaluasi (evaluate). Penilaian uji validasi Para ahli dilakukan oleh ahli pengembangan bahan ajar, ahli materi, dan ahli pengguna, sedangkan uji coba terbatas pada siswa sebanyak 10 orang siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Bondowoso. Hasil analisis skor rata-rata penilaian para ahli diperoleh rata-rata 4,32 dengan kriteria valid dan ahli pengguna diperoleh nilai rata-rata 4,11 dengan kriteria valid. Berdasarkan kriteria kevalidan menunjukkan bahwa LKS yang dihasilkan memiliki interpretasi valid dan sangat valid serta dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan menunjukkan bahwa LKS tersebut mudah terbaca dengan baik, serta respon siswa yang memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan lebih dari 80%.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Eurika, Novy
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Hapsari, Ari Indriana
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: LKS, Active Learning, Ekosistem.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 03 May 2019 02:13
Last Modified: 29 Oct 2019 02:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item