Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Service Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Rofiq, Khusnur (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Service Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan strategi pembelajaran inkuiri berbasis service learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini pada siswa kelas VII-C SMP Negeri Sumberbaru Kabupaten Jember.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (4) dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif siklus I 72,22% dilanjutkan ke siklus II mencapai 86,11%. Peningkatan hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 77,62% dan siklus II sebesar 87,50%, sedangkan pada ranah psikomotor siklus I sebesar 78,04%dan siklus II sebesar 85,71%.Hasil dari penelitian ini dapat menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri berbasis service learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII-CSMP Negeri 1 Sumberbaru Jember.

Item Type: Article
Additional Information: Khusnur Rofiq (121021041)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Berbasis Service Learning, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 02:20
Last Modified: 03 May 2019 02:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item