Kulsum, Umi (2016) Penerapan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa (Kelas Xia SMK Darul Moqomah Purwoasri Gumukmas Pokok Bahasan pada Pokok Bahasan Dampak Polusi terhadap Manusia dan Lingkungan Tahun Ajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
1. Cover.pdf Download (122kB) |
||
Text
Daftar pustaka.pdf Download (90kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
||
Text
BAB I baru.pdf Download (255kB) |
||
Text
BAB II baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
Text
1 matriks penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
Text
2 silabus penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
Text
3 RPP siklus I.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
Abstract
IPA diajarkan untuk memberi pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar memahami alam sekitar secara ilmiah, serta pendidikan IPA diarahkan untuk berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar dengan menggunakan peta konsep pada pokok bahasan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan siswa kelas XI SMK Darul Muqomah Purwoasri Gumukmas, dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI A yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 14 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar siswa meningkat pada siklus I presentase kreativitas siswa sebesar 57,58%, pada siklus II naik menjadi 84,8% dan Hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan peta konsep pada iklus I persentase hasil belajar kognitif siswa sebesar 57,58% dan pada siklus II menjadi 84,8% sedangkan pada hasil belajar afektif pada siklus I mencapai 51,52% pasa siklus II mencapai 82%,Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan peta konsep terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran Ipa untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan peta konsep, kreativitas, hasil belajar | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Rudi Setiawan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 16 May 2019 01:58 | |||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2019 06:10 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1794 |
Actions (login required)
View Item |