Penerapan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa (Kelas Xia SMK Darul Moqomah Purwoasri Gumukmas Pokok Bahasan pada Pokok Bahasan Dampak Polusi terhadap Manusia dan Lingkungan Tahun Ajaran 2015/2016)

Kulsum, Umi (2016) Penerapan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa (Kelas Xia SMK Darul Moqomah Purwoasri Gumukmas Pokok Bahasan pada Pokok Bahasan Dampak Polusi terhadap Manusia dan Lingkungan Tahun Ajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I baru.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
1 matriks penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
2 silabus penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
3 RPP siklus I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)

Abstract

IPA diajarkan untuk memberi pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar memahami alam sekitar secara ilmiah, serta pendidikan IPA diarahkan untuk berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar dengan menggunakan peta konsep pada pokok bahasan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan siswa kelas XI SMK Darul Muqomah Purwoasri Gumukmas, dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI A yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 14 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar siswa meningkat pada siklus I presentase kreativitas siswa sebesar 57,58%, pada siklus II naik menjadi 84,8% dan Hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan peta konsep pada iklus I persentase hasil belajar kognitif siswa sebesar 57,58% dan pada siklus II menjadi 84,8% sedangkan pada hasil belajar afektif pada siklus I mencapai 51,52% pasa siklus II mencapai 82%,Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan peta konsep terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran Ipa untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penerapan peta konsep, kreativitas, hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 16 May 2019 01:58
Last Modified: 29 Oct 2019 06:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item