Pengaruh Peer Educator Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa SDN Patrang 02 Jember

Sari, Dewi Yulita (2023) Pengaruh Peer Educator Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa SDN Patrang 02 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (594kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan tindakan yang dapat mencegah berbagai penyakit, namun tindakan ini masih jarang diterapkan oleh anak usia sekolah sebagai kelompok usia yang beresiko terhadap masalah kesehatan. Salah satu pendekatan pendidikan kesehatan yang efektif pada anak usia sekolah terkait penerapan perilaku hidup bersih dan sehat yaitu dengan metode Peer Educator. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan perilaku hidup bersih dan sehat sebelum dan sesudah intervensi peer educator pada siswa sekolah dasar. Metode: Desain penelitian ini yaitu quasy eksperimental yang terdiri dari 36 responden kelompok eksperimen dan 36 responden kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan menggunakan uji statistik uji Wilcoxon dan Mann Whitney U. Hasil: Perilaku hidup bersih dan sehat sesudah intervensi peer educator pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dengan mayoritas berada pada kategori PHBS baik (88,9%), sedangkan kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan dengan mayoritas berada pada kategori PHBS cukup (63,9%). Kesimpulan: Perilaku hidup bersih dan sehat siswa SDN Patrang 02 Jember terdapat perbedaan sesudah intervensi peer educator antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukkan nilai (p 0,0005<0,05). Diskusi: Pendidikan kesehatan oleh peer educator direkomendasikan untuk sekolah karena metode ini dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Peer Educator; Perilaku Hidup Bersih dan Sehat; Anak Usia Sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peer Educator, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Anak Usia Sekolah
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dewi Yulita Sari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAdriani, Sri WahyuniNIDN0703038801
UNSPECIFIEDAsmuji, AsmujiNIDN0015067201
Contact Email Address: dewiiyulita23@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:29
Last Modified: 25 Jul 2023 01:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18025

Actions (login required)

View Item View Item