Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa

Nur Holifah, Nayla (2017) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Kalisat tepatnya kelas VIIB yang dilakukan pada tanggal 27 April 2016- 04 Mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Pengumpulan data dapat melalui 4 cara: (1) wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi, dan (4) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal minat siswa pada Siklus I mencapai 80% meningkat 5% pada siklus II menjadi 85%. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal mencapai 70% meningkat 15% pada siklus II menjadi 85%. Ranah afektif siklus I mencapai 61% meningkat 21% pada siklus II menjadi 82%. Ranah psikomotor siklus I mencapai 58,5% meningkat 27.5% pada siklus II menjadi 86%. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 2 kalisat.

Item Type: Article
Additional Information: NAYLA NUR HOLIFAH (1210211004)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, minat, hasil belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:14
Last Modified: 20 Jun 2019 03:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item