Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa



Nur Holifah, Nayla (2017) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of 1. COVER SKRIPSI.pdf] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Kalisat tepatnya kelas VIIB yang dilakukan pada tanggal 27 April 2016- 04 Mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Pengumpulan data dapat melalui 4 cara: (1) wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi, dan (4) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal minat siswa pada Siklus I mencapai 80% meningkat 5% pada siklus II menjadi 85%. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal mencapai 70% meningkat 15% pada siklus II menjadi 85%. Ranah afektif siklus I mencapai 61% meningkat 21% pada siklus II menjadi 82%. Ranah psikomotor siklus I mencapai 58,5% meningkat 27.5% pada siklus II menjadi 86%. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 2 kalisat.

[error in script]

Item Type: Article
Additional Information: NAYLA NUR HOLIFAH (1210211004)
Keywords/Kata Kunci: discovery learning, minat, hasil belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:14
Last Modified: 19 Sep 2019 09:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item