IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH

Syihabuddin, Ahmad Ali (2023) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (718kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (261kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
8. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pilar kehidupan bangsa. Masa depan suatu bangsa diketahui melalui sejauh mana komitmen masyarakat, bangsa ataupun negara dalam menyelenggarakan pendidikan nasional. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Fikih merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dipelajari disekolah karena berkaitan dengan kegiatan beribadah sehari-hari. Tetapi banyak siswa yang merasa kurang mampu dalam mempelajari fikih. Kenyataan yang banyak dijumpai di sekolah selama ini adalah pembelajaran fikih berlangsung secara tradisional yang meletakkan guru sebagai pusat belajar bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan pelaksanaan pembelajaran fikih dengan menggunakan model problem based learning, (2) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model problem based learning, dan (3) untuk menggambarkan hasil pembelajaran fikih dengan model problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran diskusi sebagai praktik dari keterampilan pemecahan masalah melalui problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I, nilai rata-rata pre-test adalah 29,26 dan nilai rata-rata post-test adalah 73,68. Untuk siklus II, nilai rata-rata pre-test yaitu 47,68 dan nilai rata-rata post-test yaitu 86. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan menggunakan model problem based learning dirasa sudah maksimal karena pencapaian ketuntasan nilai KKM mencapai 86,84%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fikih, PBL, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Ahmad Ali Syihabuddin
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:08
Last Modified: 11 Aug 2023 07:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19016

Actions (login required)

View Item View Item