HUBUNGAN BULLYING DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMPN 1 BANGSALSARI



PUTRI, AYU BUDI ARIFINDA (2023) HUBUNGAN BULLYING DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMPN 1 BANGSALSARI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB VII.pdf] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak
Perilaku yang negatif biasanya tidak dapat dikendalikan ketika individu tersebut
dikelilingi dengan amarah yang dapat menimbulkan tindakan yang tidak baik.
Salah satu tindakan kekerasan yang sering terjadi yaitu bullying. Perilaku bullying
ini menyebabkan korban mengalami gangguan mental karena terus dirundung oleh
teman-teman sekolahnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan
bullying dengan perkembangan emosional pada remaja. Desain penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasional dengan pendekatan cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi remaja di SMP Negeri
1 Bangsalsari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Penentuan sampel
dengan rumus slovin dan dibutuhkan sejumlah 133 responden. Variabel
prediktornya adalah bullying dan variabel responnya adalah perkembangan
emosional. Pengumpulan data menggunakan kuesioneer Child Adolescent Bullying
Scale (CABS) dan Emotional Intellegent Scale (PcSc). Analisis data menggunakan
spearman rho dengan ketentuan α ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada
hubungan yang bermakna antara bullying dengan perkembangan emosional (p =
<0,002; r = - 0,269). Arah hubungan negatif dengan kekuatan hubungan cukup baik.
Remaja yang mengalami perilaku bullying dapat berisiko berpengaruhnya dengan
perkembangan emosionalnya. Perlu adanya upaya memberikan edukasi untuk
menurunkan kejadian bullying sehingga perkembangan emosional remaja akan
lebih membaik.
Kata kunci: bullying, remaja, perkembangan emosional
Daftar Pustaka 53 (2008-2023)

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
YENI, SURYANINGSIH
NIDN0701037905
Dosen Pembimbing
SASMIYANTO, SASMIYANTO
NIDN0716047902

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: BULLYING, REMAJA, PERKEMBANGAN EMOSIONAL
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: PUTRI AYU BUDI ARIFINDA | puyriayu15@gmail.com
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:18
Last Modified: 14 Aug 2023 06:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item